Hormon Tiroid Lengkap

          Hai kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang merupakan tugas dari dosen saya dalam mata kulah patofisiologi,,,,, yang merupakan mata kuliah yang menurut saya sulit yang berkaitan tentang penyakit penyakit pada manusia dengan bahasa yang asing / baru di dengar,,,,,
Tapi begitu lah yang namanya manusia mempunyai kekurangan dan kelebihan, mungkin kalau menurut orang lain itu mudah hhe... Ini juga untuk menambah nilai dari nilai uts uang katanya nilainnya kecil,,, etzzz bukan saya saja tapi semuannya hampir satu angkatan wahhhh..
          Artikel tersebut berkaitan tentang hormon tiroid, berikut artikelnnya..
Hormon tiroid

          Hormon Tiroid adalah zat kimia yang dibuat olehkelenjar tiroid, yang terletak pada leher bagian depan.
          Kelenjar ini menggunakan yodium sebagai bahan baku untuk membuat hormon tiroid. Hormon ini memegang peranan penting untuk menunjang fungsi setiap sel di dalam tubuh.
         Tiroid memiliki dua hormon yang paling penting adalah thyroxine(T4) dantriiodothyronine(T3). Kelenjar tiroid juga membuat hormon kalsitonin yang terlibat dalam metabolisme kalsium dan merangsang sel–sel tulang untuk menambahkan kalsium ke dalam tulang.

A. Fungsi Hormon Tiroid
         Fungsi dari hormon tiroid ada Dua hormon utama yang diproduksi dan dikeluarkan oleh kelenjar tiroid adalah T3 (tri–iodothironin) dan T4 (tiroksin). Kelenjar tiroid yang berfungsi normal dapat memproduksi sekitar 80 persen T4 dan sekitar 20 persen T3. Meskipun jumlahnya lebih sedikit, hormon T3  memiliki efek yang lebih kuat diantara kedua hormon tersebut.
         Hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid ini mengatur banyak fungsi tubuh yang vital, termasuk diantaranya yaitu:

· Pernapasan
· Denyut jantung
· Sistem saraf pusat
· Sistem saraf tepi
· Berat badan
· Kekuatan otot
· Siklus menstruasi
· Suhu tubuh
· Kadar kolesterol

          Yang merupakan sesuatu yang sangat penting bahwa kadar T3 dan T4 di dalam darah harus selalu seimbang, tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Dua kelenjar yang terdapat di otak yaitu hipotalamus dan hipofisis saling berperan satu sama lain dalam menjaga keseimbangan kadar T3 dan T4 ini.
          Hipotalamus menghasilkanTSH Realeasing Horomon(TRH) yang memberikan sinyal kepada hipofisis untuk memberitahu kelenjar tiroid agar memproduksi lebih banyak atau lebih sedikit T3 dan T4 dengan cara meningkatkan atau menurunkan pelepasanTiroid Stimulating Hormon(TSH).
           Ketika kadar T3 dan T4 di dalam darah rendah, kelenjar hipofisis akan memelepaskan lebih banyak TSH untuk memberitahu kelenjar tiroid agar memproduksi lebih banyak hormon tiroid. Jika kadar T3 dan T4 dalam darah tinggi, kelenjar hipofisis akan mengurangi pelepasan TSH ke kelenjar tiroid sehingga kelenjar tiroid akan memperlambat produksi kedua hormon tersebut.

B. Kelebihan Hormon Tiroid
           Hipertiroidisme adalah suatu istilah yang digunakan pada kondisi di mana kelenjar tiroid terlalu aktif sehingga membuat hormon tiroid dalam jumlah yang berlebihan. Secara singkat disebuthipertiroid. Ketika kelenjar tiroid terlalu aktif proses yang ada pada tubuh akan menjadi dipercepat.
           Gejala–gejala kelebihan hormon tiroid (hipertiroidisme) antara lain:
· Kelelahan atau kelemahan otot
· tremor Tangan
· Perubahan suasana hati
· Gugup atau kecemasan
· Denyut jantung yang cepat
· Jantung berdebar-debar atau denyut jantung tidak teratur
· kulit kering
· Sulit tidur
· Penurunan Berat badan
· Peningkatan frekuensi buang air besar

C. Kekurangan Hormon Tiroid
          Hipotiroidisme adalah suatu istilah yang digunakan pada kondisi di mana kelenjar tiroid tidak membuat cukup hormon tiroid. Tanda-tanda dan gejalahipotiroiddapat bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan dari kurangnya hormon.
          Gejala–gejala kekurangan hormon tiroid (hipotiroidisme) antara lain:
· Kelelahan
· Peningkatan sensitivitas terhadap dingin
· Sembelit
· Kulit kering
· Kenaikan Berat badan
· wajah Puffy
· Suara serak
· Kelemahan otot
· Peningkatan kadar kolesterol darah
· Nyeri dan kekakuan otot
· Nyeri, kekakuan atau bengkak pada sendi
· Periode menstruasi yang Lebih berat dari normal atau tidak teratur
· Penipisan rambut
· denyut jantung yang lambat
· Depresi
· Gangguan memori

D. Terapi Hormon Tiroid
          Hipotiroid maupun hipertiroid merupakan kondisi yang harus segera diatasi karena kedua kondisi tersebut lama–kelamaan dapat menimbulkan komplikasi bagi tubuh.

E. Terapi Kekurangan Tiroid
          Hipotiroidisme dapat dengan mudah diobati dengan menggunakan obat hormon tiroid. Hormon pengganti tiroid yang paling efektif dan dapat diandalkan adalah hormon buatan manusia (sintetis). Tujuan pengobatan pada hipotiroidisme adalah membalikkan perkembangan klinis dan memperbaiki gangguan metabolik, yang dibuktikan dengan kadar hormonTiroid-stimulating hormone(TSH) dan Tiroksin bebas (T4) yang normal. Hormon tiroid sintesis diberikan untuk menambah atau mengganti produksi hormon tiroid endogen. Secara umum, hipotiroidisme dapat diobati dengan dosis harian levotiroksin (LT4) yang konstan. Untuk sebagian besar kasus hipotiroidisme ringan hingga sedang, dosis levotiroksin yang dimulai dari 50-75 mg / hari sudah dapat mencukupi sebagai dosis terapi.

F. Terapi Kelebihan Tiroid
          Hipertiroidisme bisa diobati dengan obat antitiroid yang menghambat produksi hormon tiroid (terutama methimazole; propylthiouracil sekarang ini hanya digunakan pada perempuan yang sedang berada dalam trimester pertama kehamilan). Pilihan lain adalah terapi yodium radioaktif untuk merusak sel-sel yang membuat hormon tiroid. Dalam kasus yang jarang terjadi di mana perempuan tidak menanggapi atau memiliki efek samping dari terapi ini, operasi untuk mengangkat tiroid (salah satu bagian dari seluruh kelenjar) mungkin diperlukan. Pilihan pengobatan tergantung pada penyebab keparahan dan mendasari gejala, usia, kehamilan, kondisi lain yang mungkin ada, dan potensi efek samping dari obat.
         Sebagai tambahan terhadap terapi ini, dokter mungkin juga akan meresepkan obat -obatan lainnya untuk memblokir efek dari hormon tiroid pada tubuh. Misalnya, beta-blocker yang dapat membantu memperlambat detak jantung yang cepat dan mengurangi getaran di tangan.

G. Kelenjar tiroid mempunyai fungsi

(1) Metabolisme
        Metabolisme berkaitan penggunaan makanan yang diserap oleh tubuh. Bahan makanan akan dibakar menjadi panas dan energi untuk aktivitas.Terlalu aktif atau kurang aktif kelenjar ini akan menyebabkan perubahan fisis dalam berat badan. Tiroid memproduksi tiroksin yaitu hormon yang meningkatkan laju dari aktivitas hampir di seluruh reaksi kimia dalam sel-sel tubuh.

(2) Pertumbuhan dan perkembangan
         Tiroid memproduksi hormon yang berpengaruh pada pertumbuhan tulang. Di samping itu, juga mengontrol tingkat kalsium dengan kalsitonin—hormon yang mengatur pergerakan kalsium ke dalam tulang. Kerja tiroid berlawanan dengan kerja dari hormon paratiroid yang bersifat meningkatkan pembongkaran kalsium dari tulang. Efek dari hormon pertumbuhan dari kelenjar pituitari tidak berarti tanpa adanya tiroksin.

(3) Pengeringan kulit
         Tiroid juga mengontrol kesehatan kulit. Kurang aktifnya tiroid akan menyebabkan kulit menjadi kering. Lapisan paling luar dari kulit akan menjadi kering, sel-sel mati, dan akan selalu dari lapisan pertumbuhan. Jika laju sel-sel yang diganti abnormal, akan terjadi kekeringan. Defisiensi dan dari fungsi tiroid langsung mengontrol laju ini.

(4) Kolesterol
          Tiroid mempunyai pengaruh pada tingkat kolesterol dalam tubuh. Kolesterol adalah bahan seperti lemak yang ditemukan dalam banyak jaringan dan merupakan komponen yang menyebabkan penyumbatan arteri. Jika tingkat kolesterol terlalu tinggi, hal ini dapat menyebabkan arteriosklerosis atau pengerasan arteri.

         Begitulah artikel tentang hormon tiroid lengkap yang sangat penting bagi tubuh, untuk kelangsungan metabolisme.. Sekian semoga dapat menambah wawasan kalian dan pemahaman kalian mengenai tiroid.

Baca juga :

  1. Laporan Botani Tanaman Obat Di Manoko dengan Gambar Docx - New !!
  1. Bentuk Sediaan Obat Lengkap - New !!
  2. Cabang Ilmu Farmasi Lengkap - New !!
  3. Cangkang Kapsul Dari Babi - New !!
  4. Penjelasan Apoteker - Pharmacy - New !!
  5. Prospek Kerja Farmasi - Masa Depan Cerah - New !!

0 Response to "Hormon Tiroid Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2