Prospek Kerja Farmasi - Masa Depan Cerah

Prospek Kerja Dari Seorang Farmasi

Hai selamat pagi,,hari ini hari libur di waktu luang saya menulis ini,,,, walaupun saya belum terlalu berpengalaman dalam bidang farmasi ini juga kata dosen dosen saya yang jauh berpengalaman,, hhe

Farmasi masih belum begitu terkenal di kalangan calon mahasiswa baru, bahkan bukan hanya di perguruan tinggi saja, farmasi juga menjadi bidang yang ada di SMK, banyak SMK farmasi karena kebutuhan akan pegawai di bidang farmasi ini memang cukup banyak.

Program studi Farmasi sendiri adalah program studi yang secara umum mempelajari segala hal yang berhubungan dengan obat, dimulai dari cara membuatnya, meracik bahan-bahannya, dosis dan kegunaan masing-masing obat. Serta yang pasti menyembuhkan orang,, jadi jika mertua sakit ada yang ngurus hhe...ngawurrr

Semasa perkuliahan kalian akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti : Farmakologi, Farmakokimia, Farmasetika, Toksikologi, Bioteknologi Farmasi dan lain sebagainya.. Yang sudah saya posting pengalaman saya farmasi sebelumnya,  Sehingga setelah lulus kamu akan mempunyai kompetensi untuk ahli dalam bidang Farmasi. Gelar yang kamu dapatkan dapatkan ketika lulus kuliah adalah S.Farm ( Sarjana Farmasi).... Jika kalian lulusan D3 kalian akan memiliki gelar A.mdk, wih kerennya munya gelar.

Berikut ini beberapa prospek kerja dari lulusan seorang Farmasi :

1. Perusahaan Obat-obatan
Kamu pasti sering melihat obat-obatan dan obat tersebut banyak jenisnya dan mempunyai merek yang berbeda-beda. Ini karena semakin banyak perusahaan yang memproduksi obat-obatan untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan di klinik,rumah sakit dan lain sebagainya. Banyak perusahaan obat-obatan yang ada di indonesia yang mempunyai produksi cukup besar seperti Kalbe Farma, Kimia Farma dan lainnya. Di Perusahaan obat-obatan ini lulusan Farmasi bisa bekerja di bagian operasional, produksi maupun manajerial.

2. Perusahaan Kosmetik
Bukan hanya pembuat obat, lulusan farmasi juga bisa bekerja sebagai pembaut kosmetik di perusahaan kosmetik, mengingat proses pembuatan obat dan kosmetik tidak jauh berbeda dan lulusan farmasi mempunyai keahlian di bidang bahan-bahan atau senyawa kimia.

3. Perusahaan Makan-minum
Bidang makanan dan minuman juga bisa menjadi pilihan bagi lulusan Farmasi, banyak perusahaan makanan dan minuman yang membutuhkan lulusan Farmasi.

4. Rumah Sakit, Klinik, Apotik
Bekerja di Rumah Sakit, Klinik dan Apotik adalah pekerja paling pas untuk seorang lulusan Farmasi, karena lulusan farmasi akan mengerti kebutuhan obat-obatan sesuai dengan penyakit yang diderita.

5. Instansi Pemerintahan
Seorang lulusan farmasi  juga bisa menjadi pegawi negeri dengan bekerja di beberapa instansi pemerintahan yang sesuai dengan kemamppuan yang dimilikinya seperti Kementrian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Daerah.

6. Tenaga Pengajar
Menjadi seorang tenaga pengajar juga bisa menjadi pilihan, baik menjadi guru farmasi maupun dosen Farmasi di perguruan tinggi. Menjadi guru Farmasi juga bisa menjadi pilihan bagi fresh graduate, mengingat semakin banyak dibutuhkan guru farmasi untuk mengisi tenaga pengajar di SMK Farmasi.
Itulah beberapa prospek kerja lulusan Farmasi sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.

Dan masih banyak lagi,, seperti bekerja di bank, karena farmasi mempunyai sifat yang teliti dalam bekerja, jadi tidak menutup kemungkinan seorang farmasi bisa bekerja di bank..

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh HESA, sebanyak 94 persen lulusan farmasi dan yang berkaitan dengan kesehatan maupun obat-obatan akan dengan cepat memperoleh pekerjaan. Dan ada pula yang mengatakan data berbicara, Saat ini di Indonesia baru ada sekitar 30 ribu-an apoteker. Sedangkan rasio apoteker di indonesia masih 1 berbanding 8000. Dimana jumlah ini masih jauh dari kata ideal. Contoh nyata bisa kita saksikan dirumah-rumah sakit, yang kebanyakan hanya menyediakan satu atau dua orang apoteker saja. Wah kan peluang besarrrrr

Sekian semoga dapat termotivasi kalian untuk dapat masuk dan dapat belajar dengan giat lagi,,,

Jangan lihat orang lain dari akhirnya saja tetapi lihat pulalah dari pengorbanannya,,camkan hhe...

Sekian terimakasih

Baca Juga :
  1. Bentuk Sediaan Obat Lengkap - New !!
  2. Cabang Ilmu Farmasi Lengkap - New !!
  3. Cangkang Kapsul Dari Babi - New !!
  4. Penjelasan Apoteker - Pharmacy - New !!
  5. Prospek Kerja Farmasi - Masa Depan Cerah - New !!

0 Response to "Prospek Kerja Farmasi - Masa Depan Cerah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2