Bahaya Meminumi Soft Drink ( Bersoda ) Lengkap

Catatankuliahfarmasi.blogspot.com minuman segar bersoda sangat memang menyegarkan tapi apakah dari minuman soda itu menyehatkan bagi tubuh manusia ?? Berikut penjelasannya.

[ Bahaya Meminumi Soft Drink ( Bersoda ) Lengkap ]
Bersoda
Apa itu soft drink ??

Soft Drink
adalah minuman berkarbonasi (minuman mengandung bersoda), yang diberi bahan tambahan perasa, pemanis, dan zat lainnya, seperti : coca-cola, pepsi, limun soda, teb*, fanta, Sprite dll


Kandungan Soft Drink :

Carbonated water (air soda)
Sekitar 85 % di dalam air soda, terdapat kandungan gas berupa karbon dioksida (CO2).

Bahan pemanis
Pemanis buatan yang sering dipakai dalam soft drink ialah aspartam. Aspartam dibentuk dari perpaduan asam aspartat dengan fenilalanin dan bersifat 200 kali lebih manis dari gula.

Bahan perasa
Bahan perasa terdiri dari bahan perasa alami dan bahan perasa buatan, misal rasa stroberi, ornge dll .

Asam
Asam berperan dalam menambah kesegaran dan kualitas pada soft drink. Asam yang dipergunakan yaitu asam sitrat dan asam fosfor.

Kafein
Kafein berperan dalam meningkatkan rasa yang terkandung dalam soft drink. Kafein yang terkandung dalam soft drink berjumlah ¼ sampai ⅓ dari jumlah kafein yang terkandung dalam kopi.

Pewarna
Pewarna bersamaan dengan gas CO2 merupakan bagian dari karakteristik
soft drink. Pewarna terdiri dari pewarna alami dan pewarna buatan yang dapat
digunakan.

Baca : Bahaya Dari Mie Instan Yang Perlu Di Ketahui - New !!

Penyakit Akibat Mengkonsumsi Soft Drink

Kelebihan Berat Badan (Overweight) dan Obesitas
Kelebihan berat badan ini disebabkan pengaruh mengkonsumsi pemanis buatan yang berlebihan yang menyebabkan intoleransi. He et  al (2010) melakukan studi intervensi berupa pengurangan 1,5 kaleng konsumsi soft drink setiap minggu selama satu tahun dan didapati hasil bahwa anak mengalami penurunan terhadap berat badan dan obesitas sekitar 7,7%.

Karies Gigi
Kandungan asam dan gula dalam soft drink memiliki potensi untuk menimbulkan karies gigi dan erosi lapisan enamel (Cheng et al, 2008). Asam terutama asam fosfor sebagai penyebab kehilangan total enamel gigi. Asam fosfor menurunkan pH saliva dari 7,4 menjadi suasana asam. Agar dapat meningkatkan level pH kembali di atas 7, tubuh akan berusaha menarik ion kalsium dari gigi sehingga lapisan enamel gigi menjadi sangat berkurang, ditandai dengan gigi yang terlihat berwarna kekuningan (Valentine, 2002).

Diabetes
Pada penelitian hewan, konsumsi fruktosa dapat menimbulkan resistensi insulin, impaired glucose tolerance, hiperinsulinemia, hipertriasilgliserolemia, dan hipertensi (Wolff dan Dansinger, 2008). Keadaan-keadaan ini dapat menyebabkan timbulnya diabetes. Dalam suatu studi yang melibatkan 91249 wanita dan dilakukan selama delapan tahun, terjadi peningkatan dua kali lipat penyakit diabetes pada mereka yang mengonsumsi satu atau lebih soft drink per hari dibandingkan dengan yang mengonsumsi kurang dari satu soft drink per bulan (Vartanian et al, 2007).

Osteoporosis
Konsumsi soft drink telah menggantikan konsumsi susu, dengan jumlah  konsumsi susu menjadi 1½ gelas susu per hari pada remaja putra dan kurang dari  satu gelas per hari pada remaja putri (Robert dan William, 2000).
Studi yang dilakukan pada anak berusia 3 sampai 15 tahun dengan fraktur tulang hebat memiliki tingkat kepadatan tulang yang rendah. Hal ini dapat disebabkan oleh asupan kalsium yang rendah, pengurangan kalsium untuk mengembalikan pH saliva normal.
Dampak meminum Soft Drik ( Bersoda ) pada tubuh

1. Menguras kadar air dalam tubuh.
Softdrink seperti diuretik yang malah menghisap kadar air didalam tubuh. Pemrosesan gula tingkat tinggi dalam softdrink dapat diatasi dengan cara meminum 8-12 gelas air untuk setiap botol softdrink yang diminum.

2. Tidak bisa menghilangkan rasa haus
Ini disebabkan softdrink bukanlah air yang diperlukan oleh tubuh. Dengan tetap tidak memasok air ke dalam tubuh kita terus - menerus akan menyebabkan dehidrasi seluler kronis, sebuah kondisi yang melemahkan tubuh pada tingkat serius.

3. Menghancurkan mineral penting dalam tubuh
Softdrink terbuat dari air murni yang juga dapat menghancurkan mineral penting dalam tubuh. Kekurangan mineral yang serius dapat menyebabkan penyakit jantung (kekurangan magnesium, kalsium), osteoporosis (kekurangan kalsium) dan banyak lagi.

4. Mempengaruhi pencernaan. 
Kafein dan jumlah gula yang tinggi dapat menghentikan proses pencernaan. Ini artinya metabolisme dalam tubuh bisa terhambat.
Macam bersoda
5. Tidak mengandung vitamin
Minuman bersoda sama sekali tidak mengandung vitamin. Minuman bersoda hanya mengandung gula sebagai perasa manis, kafein, dan tambahan perasa buah saja. Sehingga minuman ini memang tidak memberi efek positif sama sekali bagi tubuh..
6. Dapat menurunkan kualitas sperma bagi pria
Pria yang mengkonsumsi minuman bersoda secara sering atau bahkan rutin kemungkinan besar dapat mengalami penurunan kualitas sperma. Hal ini tentu dapat menyebabkan kemandulan bagi pria tersebut.

7 Tulang mudah rapuh
Mengkonsumsi minuman bersoda juga dapat membuat tulang menjadi rapuh. Minuman bersoda mengandung asam fosfat yang diam – diam merapuhkan dan mengikis tulang. Ini membuat osteoporosis lebih cepat dapat menghampiri kita dan tentu mengganggu aktivitas sehari – hari..
8. Membuat tubuh mudah sakit
Kandungan berbahaya dalam minuman bersoda dapat membuat tubuh mudah sekali terserang penyakit. Sebab kandungan berbahaya dalam minuman bersoda menolong virus dan bakteri untuk berkembang secara baik di dalam tubuh kita..
9. Menyebabkan kecanduan
Minuman bersoda menjadi minuman yang dapat membuat kita kecanduan bila pertama kali mencobanya. Kita akan sering berkeinginan minum minuman bersoda untuk menyegarkan diri kita dari cuaca yang panas. Selain itu kandungan kafein yang membuat kita melek juga akan mengundang kita untuk minum minuman bersoda untuk menghilankan rasa kantuk. 
10. Meningkatkan produksi urin
Efek negatif dari minuman bersoda untuk pencernaan mineral dalam tubuh adalah meningkatkan produksi urin di mana dapat membuat kita mengalami dehidrasi. Mineral yang harusnya diserap oleh tubuh malah diolah menjadi urin dan mau tidak mau harus dikeluarkan dari tubuh. Maka dari itu untuk menghilangkan haus, janganlah minum minuman bersoda karena malah akan memberi efek haus yang lebih..
11. Menipiskan lapisan lambung
Lambung kita yang mengandung asam yang sangat keras dapat terkikis lapisannya dan menyebabkan pencernaan makanan ikut terganggu. Sehingga menimbulkan rasa mulas atau sakit perut bahakan membuat produksi gas dalam lambung meningkat. Ini sangat tidak baik bagi anda yang menderita sakit maagh..
12. Gangguan pada jantung
Minuman bersoda juga memiliki dampak buruk pada organ jantung. Kandungan natrium pada minuman ini dapat merusak kekuatan jantung dan dapat membuat gagal jantung atau penyakit jantung dadakan..
13. Memicu penyakit asam surat
Kandungan fruktosa pada minuman bersoda memicu penyakit asam urat. Mengidap penyakit asam urat sangat tidak enak karena rasa nyeri yang timbul dan mengangganggu produktivitas kita. Jadi jangan menyepelekan minuman bersoda..
14. Minuman Soda Menyebabkan Penuaan dini
Kandungan asam pada minuman bersoda juga membuat kulit menjadi keriput alias penuaan dini. Maka dari itu bila ingin memiliki kulit yang mulus dan awet muda jauhilah minuman bersoda dalam bentuk dan rasa apapun. Karena para ahli memang selalu mengatakan bahwa minum air putih jauh lebih menyehatkan meski rasanya tidak begitu enak.
15. Menyebabkan Diabetes
Selain soda yang mampu merapuhkan tulang, minuman ini rata-rata dapat menyebabkan diabetes, karena mengandung pemanis buatan yang sangat tinggi. Minuman soda sangat berbahaya dan menjadi pemicu utama diabetes.
Selain bahaya minuman soda untuk kesehatan, ternyata ia juga mengandung berbagai jenis kandungan berbahaya lainnya untuk ibu hamil atau yang sedang mengandung. Minuman soda sebaiknya dihindari oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan Janin.

Bahaya Minuman Soda Bagi Ibu Hamil.

16. Kecacatan dan kematian pada janin bagi ibu hamil

Ibu yang sedang hamil bila mengkonsumsi minuman bersoda dapat membuat adana kemungkinan janin mengalami kecacatan. Tetapi yang paling parah adalah janin dapat saja mati akibat ibu yang gemar meminum minuman bersoda. Maka dari iu untuk ibu hamil dan menyusui wajib untuk tidak mengkonsumsi minuman bersoda..
17. Ibu hamil dapat menderita diabetes gestasional
Khusus bagi ibu hamil, minum minuman bersoda dapat membuat ia mengalami penyakit diabetes gestasional. Diabetes khusus yang juga berpengaruh pada janin di kandungan juga air susu ibu dalam tubuh.

0 Response to "Bahaya Meminumi Soft Drink ( Bersoda ) Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2