Laporan Sirup dan Drop Paracetamol Lengkap Docx

Laporan Sirup dan Drop Paracetamol Lengkap Docx, - Salam Farmasi Indonesia, artikelnys sebelumnya saya telah membagikan sebahh laporan mengenai salep, kali ini saya membagikan sebuah laporan sirup dari zat aktif paraceamol.

Laporan Sirup dan Drop Paracetamol


Download File : Google Drive ( Laporan Sirup dan Drop Paracetamol )



Sirup

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Larutan merupakan suatu campuran homogen antara dua zat dari molekul, atom ataupun ion dimana zat yang dimaksud disini adalah zat padat, minyak larut dalam air. Dalam istilah farmasi, larutan didefinisikan sebagai sediaan “ cair yang mengandung satu atau lebih zat kimia yang dapat larut, biasanya dilarutkan dalam air, karena bahan- bahannya, cara peracikan atau penggunaannya tidak dimasukkan kedalam golongan produk lainnya”. Dalam bidang farmasi kelarutan sangat penting, karena dapat mengetahui dapat membantu dalam memilih medium pelarut yang paling baik untuk obat atau ombinasi obat, membantu mengatasi kesulitan- kesulitan tertentu yang paling baik untuk oobat atau kombinasi, membantu mengatasi kesulitan- kesulitan tertentu yang timbul pada waktu pembuatan larutan farmasetis dan lebih jauh lagi dapat bertindak sebagai standart atau uji kelarutan.
Menurut Farmakope Indonesia III, sirup adalah sediaan cair berupa larutan yang mengandung sakarosa, kadar sakarosa (C12H22O11) tidak kurang dari 64% dan tidak lebih dari 66%. Sirup adalah sediaan pekat dalam air dari gula atau perngganti gula dengan atau tanpa penambahan bahan pewangi dan zat obat. (Ansel, 1989)
Sirup adalah larutan oral yang mengandung sukrosa atau gula lain yang berkadar tinggi (sirop simpleks adalah sirop yang hampir jenuh dengan sukrosa). Kadar sukrosa dalam sirop adalah 64-66% , kecuali dinyatakan lain (Syamsuni, 2007). Sirop adalah larutan pekat gula atau gula lain yang cocok yang di dalamnya ditambahkan obat atau zat wewangi, merupakan larutan jerni berasa manis. Dapat ditambahkan gliserol, sorbitol, atau polialkohol yang lain dalam jumlah sedikit, dengan maksud selain untuk menghalangi pembentukan hablur sakarosa, juga dapat meningkatkn kelarutan obat. (Anonim, 1978)
Beberapa keuntungan Sirup, yakni sesuai untuk pasien yang susah menelan obat dengan sediaan, dapat menarik keinginan pasien untuk minum obat karena rasanya yang enak dan baunya yang sedapSesuai untuk bahan obat yang bersifat higroskopis, merupakan campuran yang homogen, dosis dapat diubah ubah pembuatannya, mempunyai rasa manis, obat lebih mudah diabsopsi dalam tubuh.
Kerugian sirup, yakni tidak semua obat bentuk sediaan sirup ada di pasaran, sediaan sirup jarang yang isinya zat tunggal pada umumnya campuran atau kombinasi beberapa zat berkhasiat yang kadang-kadang sebetulnya tidak di butuhkan oleh pasien tersebut, tidak bisa untuk sediaan yang sukar larut dalam air (biasanya di buat suspensi atau eliksir) eliksir kurang di sukai oleh dokter anak karena mengandung alkohol, suspensi stabilitasnya lebih rendah tergantung formulasi dan suspending agent yang di gunakan, tidak bias untuk bahan obat yang berbentuk minyak (minyak/oil biasanya di bentuk emulsi yang mana stabilitas emulsi juga lebih rendah, tidak sesuai untuk bahan obat yang tidak stabil, harga relatif mahal karena memerlukan khusus dan kemasan yang khusus pula.

1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana rancangan formulasi sediaan syrup dan drop Paracetamol?
2. Bagaimana cara pembuatan sediaan syrup dan drop Paracetamol?
3. Apa saja bahan tambahan yang cocok dalam pembuatan syrup dan drop Paracetamol?

1.3 Tujuan 
1. Mengetahui rancangan formulasi sediaan dry syrup Erythromycin 
2. Mengetahui cara pembuatan sediaan dry syrup Erythromycin 
3. Mengetahui bahan tambahan yang cocok dalam pembuatan dry syrup Erythromycin 

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Paracetamol
Parasetamol (asetaminofen) merupakan obat analgetik non narkotik dengan cara kerja menghambat sintesis prostaglandin terutama di Sistem Syaraf Pusat (SSP) . Parasetamol digunakan secara luas di berbagai negara baik dalam bentuk sediaan tunggal sebagai analgetik-antipiretik maupun kombinasi dengan obat lain dalam sediaan obat flu, melalui resep dokter atau yang dijual bebas. (Lusiana Darsono 2002)

Parasetamol adalah paraaminofenol yang merupakan metabolit fenasetin dan telah digunakan sejak tahun 1893 (Wilmana, 1995). Parasetamol (asetaminofen) mempunyai daya kerja analgetik, antipiretik, tidak mempunyai daya kerja anti radang dan tidak menyebabkan iritasi serta peradangan lambung (Sartono,1993). 

Hal ini disebabkan Parasetamol bekerja pada tempat yang tidak terdapat peroksid sedangkan pada tempat inflamasi terdapat lekosit yang melepaskan peroksid sehingga efek anti inflamasinya tidak bermakna. Parasetamol berguna untuk nyeri ringan sampai sedang, seperti nyeri kepala, mialgia, nyeri paska melahirkan dan keadaan lain. (Katzung, 2011)

Parasetamol mempunyai daya kerja analgetik dan antipiretik sama dengan asetosal, meskipun secara kimia tidak berkaitan. Tidak seperti Asetosal, Parasetamol tidak mempunyai daya kerja antiradang, dan tidak menimbulkan iritasi dan pendarahan lambung. Sebagai obat antipiretika, dapat digunakan baik Asetosal, Salsilamid maupun Parasetamol. 

Diantara ketiga obat tersebut, Parasetamol mempunyai efek samping yang paling ringan dan aman untuk anak-anak. Untuk anak-anak di bawah umur dua tahun sebaiknya digunakan Parasetamol, kecuali ada pertimbangan khusus lainnya dari dokter. Dari penelitian pada anak-anak dapat diketahui bahawa kombinasi Asetosal dengan Parasetamol bekerja lebih efektif terhadap demam daripada jika diberikan sendiri-sendiri. (Sartono 1996) 

2.2 Sirup
Sirup adalah salah satu bentuk sediaan cair yang dalam dunia farmasi yang dikenal luas oleh masyarakat. Saat ini, banyak sediaan sirup yang beredar di pasaran dari berbagai macam merk, baik yang generic maupun yang paten. Biasanya, orang-orang mengunakan sediaan sirup karena disamping mudah penggunaannya, sirup juga mempunyai rasa yang manis dan aroma yang harum serta warna yang menarik sehingga disukai oleh berbagai kalangan, terutama anak-anak dan orang yang susah menelan obat dalam bentuk sediaan oral lainnya.

Sirup didefinisikan sebagai sediaan cair yang mengandung sakarosa. Kecuali dinyatakan lain, kadar sakarosa tidak kurang dari 64% dan tidak lebiih dari 66%. Secara umum, sirup dibagi menjadi 2 macam yaitu Non Medicated Syrup/Flavored Vehicle Syrup (Seperti cherry syrup, cocoa syrup, orange syrup) dan Medicated Syrup/Sirup Obat (Seperti sirup piperazina sitrat, sirup isoniazid). Non Medicated Sirup adalah sediaan syrup yang tidak mengandung bahan obat, melainkan hanya mengandung gula, perasa, pengawet dan perwarna sedangkan Sirup Obat mengandung bahan obat/Zat berkhasiat.

Definisi
Menurut farmakope Indonesia III, sirup adalah sedian cair berupa larutan yang mengandung sakarosa, C12H22O11, tidak kurang dari 64.0% dan tidak lebih dari 66.0%.

Sirup adalah larutan oral yang mengandung sukrosa atau gula lain dalam kadar tinggi (Anonim, 1995). Secara umum sirup merupakan larutan pekat dari gula yang ditambah obat atau zat pewangi dan merupakan larutan jernih berasa manis. Syrup adalah sediaan cair kental yang minimal mengandung 50% sakarosa (Ansel et al., 2005).

Dalam perkembangannya, banyak sekali pengertian mengenai sirup. Sirup adalah sediaan cair berupa larutan yang mengandung sakarosa (Anonim, 1979). Sirup adalah sediaan cairan kental untuk pemakaian dalam, yang minimal mengandung 90% sakarosa (Voigt, 1984).

Penggolongan Sirup
Bedasarkan fungsinya, sirup dikelompokan menjadi 2 golongan, yaitu:

1. Medicated Syrup (sirup obat) 
Merupakan sirup yang mengandung satu atau lebih bahan obat. Sirup obat berupa preparat yang sudah distandarisasi, dapat diberikan berupa obat tunggal atau dikombinasikan dengan obat lain. Contoh sirup obat antara lain: Sirup sebagai ekspektorans contohnya yaitu Sirup Thymi. Sirup Thymi et Serpylli = Sirop Thymi Compositus. Sirop Althae. Sirup sebagai antitusif, contoh sirup Codeini, mengandung 2 mg Codein/ml sirop.

2. Sirup sebagai anthelmintik
Contoh: sirup Piperazini, mengandung 1 g Piperazine dalam bentuk hexahydrat/citrat dalam tiap 5 ml sirop. Sirup sebagai antibiotik contohnya yaitu Sirup Kanamycin, mengandung 50 mg/ml, Sirup Chloramphenicol, umumnya mengandung 25 mg/ml, Sirup Ampicillin, umumnya mengandung 25 mg/ml, Sirup Amoxycillin, umumnya mengandung 25 mg/ml, Sirup Cloxacillin, umumnya mengandung 25 mg/ml. 

3. Dry Syrup atau sirup kering, 
berupa campuran obat dengan sakarosa, harus dilarutkan dalam jumlah air tertentu sebelum dipergunakan. Keuntungan sirup kering dari pada sirup cairan, biasanya sirup kering dapat tahan disimpan lebih lama. Contohnya Ampicillin trihydrate “dry syrup”, ekivalen dengan 25 mg/ml sirup cairan kalau sudah dilarutkan dalam jumlah air yang ditentukan.

4. Flavored Syrup (sirup korigen/pembawa), 
Biasanya tidak digunakan untuk tujuan medis, namun mengandung berbagai bahan aromatis atau rasa yang enak dan digunakan sebagai larutan pembawa atau pemberi rasa pada berbagai sediaan farmasi lainnya, misalnya sebagai penutup rasa pahit pada Vitamin B Kompleks yang diberikan kepada bayi atau anak-anak. Sirup golongan ini, mengandung berbagai bahan tambahan, misalnya bahan antioksidan (antioxidant agent), pengawet (preservative agent), pewarna (coloring agent), pemberi rasa (flavoring agent), dan bahan pelarut (diluting agent). Sirup ini, ditambahkan sebagai korigens rasa untuk obat minum, cukup dalam jumlah 10-20 ml untuk tiap 100 ml larutan obat. 

5. Sirup yang sering dipakai sebagai korigens-rasa, yaitu Sirup Simpleks.
Mengandung 65% gula dalam larutan nipagin 0,25% b/v, Sirup Aurantii, terutama untuk bahan obat yang rasanya pahit, dan Sirup Rubi Idaei, terutama untuk bahan obat yang rasanya asam.



BAB III
KARAKTERISTIK BAHAN AKTIF DAN PEMILIHAN BAHAN AKTIF

3.1. Karakteristik Bahan Obat
a. Nama dan sinonim bahan obat
Nama bahan obat : Paracetamol
Sinonim bahan obat : Acetaminophen; N-Acetyl-p-aminophenol; Asetaminofen; 4′-Hydroxyacetanilide; N-(4-Hydroxyphenyl).
( Martindle 36 : 108 )
b. Stuktur kimia bahan obat
 

c. Monografi bahan obat      
            Rumus Molekul : C8H9NO2      
Berat Molekul : 151,61
Kemurnian : Mengandung tidak kurang dari 98,0% dan  tidak lebih dari 100,0%  C8H9NO2
Organoleptis : Warna : Putih
 Bau : Tidak berbau
 Rasa : Sedikit pahit
Bentuk Kristal : Serbuk hablur
Sifat fisika kimia : Titik Lebur : 168 0C - 172 0C
 Higroskopis : Tidak Higroskopis
Kelarutan   : Larut dalam air 1: 70
   Larut dalam air panas 1: 20
 Larut dalam alkohol 1: 7-10
 Larut dalam aseton 1: 13
 Larut dalam gliserol 1: 4
 Larut dalam propilenglikol 1: 9
 Sedikit larut dalam klorofororm, praktis tidak larut dalam eter,    larut dalam larutan alkali hodroksida.
pKa : 9,5 (250C) (Farmakope Indonesia  V : 985 )
Sifat kimia dan stabilitas :
Parasetamol sangat stabil pada cairan yang mengandung air 
T ½ dalam larutan buffer pH 6 = 21,8 tahun
        pH 2 = 0,73 tahun
                 pH 9 = 2.28 tahun
Reaksi degradasi dikatalisis oleh asam dan basa, hasil degradasi berupa p-aminofenol dan asam asetat.
Penyimpanan, dalam wadah tertutup baik dan terlindung dari cahaya.   (FI V : 985)
Pada keadaan kering,stabil sampai temperatur 450C. (Codex : 638)
Terjadi degradasi bila ada p-aminofenol yang timbul akibat adanya oksidasi oleh cahaya. Diidentifikasi dari warna pink-coklat-hitamdengan terbentuknya quinonimine. Parasetamol relatif stabil terhadap oksidasi. (Codex : 638)

3.2. Tinjauan Bahan Obat
a) Tinjauan Farmakologi
Derivat para amino fenol yaitu fenasetin dan asetaminofen (parasetamol) merupakan metabolit fenasetin dengan efek antipiretik yang sama dan telah digunakan sejak 1893. Efek antipiretik ditimbulkan oleh gugus aminobenzena. Fenasetin tidak digunakan lagi dalam pengobatan karena penggunanya dikaitkan dengan terjadinya analgesik nefropatik. Anemia hemolitik dan mungkin kanker kandung kemih. Asetaminofen di Indonesia dikenal denngan nama parasetamol dan tersedia dalam obat bebas.(Farmakologi dan Terapi FK UI hal 237)

b) Efek Samping
Reaksi alergi terhadap derivat para-aminofenol jarang terjadi. Manifestasinya berupa eritema atau utikaria dan gejala yang lebih berat berupa demam dan lesi pada mukosa. Fenasetin dapat menyebabkan anemia hemolitik, terutama pada pemakaian kronik. Anemia hemolitik dapat terjadi berdasarkan reaksi autoimun defisiensi enzim GgDD dan adanya metabolit yang abnormal.
Methemoglobinemia dan sulfemoglobinemia jarang menimbulkan masalah pada dosis terapi karena hanya kira-kira 1-3% Hb diubah menjadi met-Hb. Methemoglobinemia baru merupakan masalah pada takar layak. (Farmakologi dan Terapi FK UI hal 237)

c) Toksisitas Akut
Akibat dosis toksik yang paling serius adalah nekrosis hati. Nekrosis hati tubuli renalis serta koma hipoglikemmik dapat juga terjadi. Hepatotoksisitas dapat terjadi pada pemberian dosis tunggal 10-15gram (200-250mg/kg BB) parasetamol. Gejala pada hari pertama keracunan akut parasetamol belum mencerminkan bahaya yang mengancam. Anorexia, mual, muntah, sakit perut terjadipada 24 jam pertama dan dapat berlangsung seminggu atau lebih. Gangguan hepar dapat terjadi pada hari kedua, denagn gejala peningkatan serum transaminase, laktat dehidrogenase, kadar blirubin serum serta pemanjangan protombin. Aktifitas alkali fosfatase dan kadar albumin serum tetap normal. Kerusakan hati dapat mangakibatkan ensefalopati, koma dan kematian. Kerusakan hati tidak berat dapat pulih dalam beberapa minggu sampai beberapa bulan.

Masa paruh parasetamol pada hari pertama keracunan merupakan petunjuk beratnya keracunan. Masa paruh lebih dari 4 jam merupakan petunjuk akan terjadinya nekrosis hati dan masa paruh lebih dari 12 jam meramalkan akan terjadinya koma hepatik. Penentuan kadar parasetamol sesaat kurang peka untuk meramalkan terjadinya kerusakan hati. Kerusakan ini tidak hanya disebabkan oleh parasetamol, tetapi juga oleh radikal bebas. Metabolit yang sangat reaktif yang berikatan secara kovalen dengan makromolekul vital sel hati. Karena itu hepatotoksisitas parasetamol meningkat pada pasien yang juga mendapat barbiturat antikonvulsi lain atau alkoholik yang kronis. Kerusakan yang timbul berupa nekrosis sentri lobularis. Keracunan akut ini biasanya diobati secara simtomatik dan suportif, tetapi pemberian senyawa sulfihidril tampaknya dapat bermanfaat, yaitu dengan memperbaiki cadangan glutation hati. N-asetil sistein cukup efektif bila diberikan, per-oral 24 jam setelah minum dosis toksik parasetamol. (Farmakologi dan Terapi FK UI hal 237)

d) Tinjauan Farmakodinamik
Efek analgesik perasetamol serupa dengan salisilat yaitu menghilangkan atau mengurangi nyeri ringan sampai sedang keduanya menurunkan suhu tubuh dengan mekanisme yang diduga juga berdasarkan efek sentral seperti salisilat.
Efek anti-inflamasinya sangat lemah. Oleh karena itu parasetamol tidak digunakan sebagai antireumetik. Parasetamol merupakan penghambat pembentuk biosintesis PG yang lemah. Efek iritasi erosi dan pendarahan lambung tidak terlihat pada kedua obat ini. Demikian juga gangguan nafas dan keseimbangan asam-basa(Farmakologi dan Terapi FK UI hal 237)

e) Tinjauan Farmakokinetik
Parasetamol diabsorbsi cepat dan sempurna melalui saluran cerna. Konsentrasi tertinggi dalam plasma dicapai dalam waktu ½ jam dan massa paruh antara 1-3 jam obat ini tersebar keseluruh cairan tubuh dalam plasma, 25% parasetamol terikat protein plasma obat ini dimetabolisme oleh enzim makrosom hati.  Sebagian asetaminophen (80%) dikonjugasi dengan asam glukuronat dan sebagian kecil lainnya dengan asam sulfat. Selain itu obat ini dapat mengalami hidroksilasi. Metabolit hasil hidroksilasi ini dapat menimbulkan methemoglobinemia dan hemolisis eritrosit. Obat ini diekskresikan melalui ginjal sebagian kecil. Sebagian parasetamol (3%) dan sebagian besar dalam bentuk terkonjugasi(Farmakologi dan Terapi FK UI hal 237)

f) Indikasi
Di Indonesia penggunaan paracetamol sebagai analgesik dan antipiretik telah menggantikan penggunaan salisilat, Sebagai analgesik lainnya. Paracetamol sebaiknya tidak diberikan terlalu lama karena kemungkinan menimbulkan nefropati. Jika dosis terapi tidak memberikan manfaat, biasanya dosis lebih besar tidak menolong karena hampir tidak mengiritasi lambung. Paracetamol sering dikombinasikan dengan AINS untuk analgesik. Farmakologi dan Terapi, FK UI, Edisi 5 hal 238) 

g) Dosis
Dosis Parasetamol
Dewasa   :   0,5 – 1 g tiap 4 jam hingga maksimum 4 g sehari
Anak-anak :  3 bulan – 1 tahun =    60 – 120 mg
  1 –  6 tahun           =  120 – 250 mg
                        7 – 12 tahun         =   250 – 500 mg
                         Diberikan 3 – 4 kali sehari.
( Martindale 28th Ed., 1982)

3.3. Tinjauan Eksipien Bahan Obat

KOSOLVEN Glyserin (FI III hal 271) cairan seperti sirop: jernih, tidak berwarna; tidak berbau; manis diikuti rasa hangat. Higroskopik. Jika disimpan beberapa lama pada suhu rendah dapat memadat membentuk massa hablur tidak berwarna yang tidak melebur hingga suhu mencapai lebih kurang 20° dapat campur dengan air, dan dengan etanol (95%) P, praktis tidak larut dalam kloroform P, dalam eter P dan dalam minyak lemak
Propilenglikol (FI IV hal 712) cairan kental jernih, tidak berwarna, rasa khas, praktis tidak berbau, menyerap air pada udara lembab dapat bercampur dengan air, dengan aseton, dan dengan form; larut dalam eter dan dalam beberapa minyak esensial; tetapi tidak dapat bercampur dengan minyak lemak
PEG 400 (FI III hal 504) Cairan kental, jernih, tidak berwarna atau praktis tidak berwarna. Bau khas lemah, agak higroskopis. Larut dalam air, dalam etanol, dalam glikol lain dan dalam hidrokarbon, aromatik, praktis tidak larut dalam eter, dan dalam hidrokarbon alifatik.
Aquadest (FI III hal 96) cairan jernih, tidak berwarna; tidak berbau; tidak mempunyai rasa -
PEMANIS Sorbitol (FI IV hal 756) serbuk, granul atau lempengan; higroskopis; warna putih; rasa manis. sangat mudah larut dalam air; sukar larut dalam etanol, dalam metanol dan dalam asam asetat
Sakarin (FI IV HAL 748)
serbuk atau hablur putih, tidak berbau atau berbau aromatik lemah. Larutan encer, sangat manis. Larutan bereaksi asam terhadap lakmus.
agak sukar larut dalam air, dalam kloroflorm dan dalam eter; larut dalam air mendidih; sukar larut dalam etanol. Mudah larut dalam larutan amonia encer, dalam larutan alkali hidroksida dan dalam alkali karbonat dengan pembentukan karbondioksida.
Sukrosa HPE, hal 703 
Serbuk kristal/krital, tidak berwarna/putih, tidak berbau, rasa manis. Praktis tidak larut dlm CHCL3, etanol 1:400, etanol 95% 1:170, propoa-2-01 1:400, air 1:0,5.
Sakarin Na 
H.P Excipient hal 457 Serbuk kristal putih, tidak berbau, 300x manis sukrose, tidak higroskopis.
Lebih mudah larut dalam air daripada sukrose

PENGAWET Na Benzoat
HPE. Hal 627 Kristal/granul, putih, sangat hidroskopis, amorf Air 1:1,8, etanol 95% 1:75, etanol 90% 1:50, air 100˚C 1:1,4
Propil paraben (Nipasol) HPE, hal 596 Kristal putih, tidak berbau, tidak berasa
Air 1:2500, Propilenglikol 1:39, Gliserin 1:250, Etanol 1:1,1, Sangat larut dlm aseton, Larut bebas dlm alkohol eter.
Nipagin (FI III hal 378) serbuk hablur halus; putih; hampir tidak berbau; tidak mempunyai rasa, kemudian agak membakar diikuti rasa tebal larut dalam 500 bagian air, dalam 20 bagian air mendidih, dalam 3,5 bagian etanol (95%), dan dalam 3 bagian aseton P, mudah larut dalam eter P dan dalam alkali hidroksida,larut dalam 60 bagian gliserol P pana dan dalam 40 bagian minyak lemak nabati panas, jika didinginkan larutan tetap jernih.
DAPAR Sodium phospate Dibasic 
Na2 HPO4. 12 H2O (HPE: 693) Kristal putih & berbau
Sangat larut dlm air, praktis tidak larut dalam etanol 95%
Asam sitrat (HPE: 185)
Kristal tidak berwarna, kristal putih, serbuk effervescent, memiliki rasa asam yang kuat. Larut (1:1,5) etanol 95% (:4)  air, larut dalam eter.

Sodium phospate monobosil Na2PO4 2H2O (HPE hal, 696) Tidak berbau, tidak berwarna/putih, agak deliquescent, kristal 1:1 bagian air, praktis tidak larut dalam etanol (95%)

PEWARNA Amaranth.
(Martindale                   28th  P.24)
Gelap bubuk merah kecoklatan.
Larut dalam air, sangat mudah larut dalam alkohol

Sunset Yellow  (HPE, hal 198) Serbuk kuning ke merahan, dalam larutan ber warna 
orange tlerano Larut dalam air
Tartrazine              
 (HPE,hal 198) Serbuk kuning/ orange ke kuningan. Larut dalam air, praktis tidak larut dalam aseton, etanol 75% (1:91), gliserin (1:5,6) propilenglikol 5% (1:5), air 25 (1:26), air 25°C (!:5), air 80°C (1:5).
Allura Red (Martindale 28th p.424) Serbuk merah tua Larut dalam air



BAB IV
PERSYARATAN UMUM SEDIAAN

1. Menurut Farmakope Indonesia Edisi III, tahun 1979 hal. 32
Sediaan sirup merupakan sediaan cair berupa larutan yang mengandung sakarosa kecuali dinyatakan lain, kadar sakarosa C12H22O4 tidak kurang dari 64,0% dan tidak lebih dari 66%. Pembuatan kecuali dinyatakan lain sirup dibuat sebagai berikut :
Buat cairan untuk sirup, panaskan, tambahkan gula, jika perlu didihkan hingga larut, tambahkan air mendidih secukupnya hingga diperoleh bobot yang dikehendaki, buang basa yang terjadi, serkai.

2. Keuntungan Sediaan sirup
Rasa bahan yang tidak enak dapat ditutupi
Memudahkan penggunaan bagi pasien yang memiliki kesulitan dalam menelan.
Proses absorbsi bahan obat lebih cepat karena sediaan berbentuk cair.
3. Syarat sediaan sirup (FI III, 1979)
Larutan berwarna jernih
Berasa manis
Mengandung 1 jenis obat atau lebih dapat juga berupa cairan berwarna.


BAB V
RANCANGAN SPESIFIKASI SEDIAAN

5.1. Spesifikasi Sediaan yang Diinginkan
Syrup
No Jenis Sediaan Spesifikasi Sediaan yang Diinginkan
1 Bentuk sediaan Sirup
2 Viskositas 5  cps- 15 cps
3 Kadar Bahan aktif 95% - 105%
4 PH sediaan 5,5 – 6,5
5 Bau Strawberry
6 Rasa Manis
7 Warna Merah Muda (Pink)
8 Dosis 120mg/5ml
Drop
No Jenis Sediaan Spesifikasi Sediaan yang Diinginkan
1 Bentuk sediaan Drop
2 Viskositas 5  cps- 15 cps
3 Kadar Bahan aktif 95% - 105%
4 PH sediaan 5,5 – 6,5
5 Bau Jeruk
6 Rasa Manis
7 Warna Orange
8 Dosis 30,5mg/0,6ml

5.2. Alur Pemilihan Bahan


5.3. Bentuk Sediaan Terpilih
Syrup 
Jenis Spesifikasi yang diinginkan Alasan 
1.Bentuk sediaan 

2. Warna sediaan 

3. Rasa sediaan

4. PH Sediaan

5. Kadar sediaan

6. Volume sediaan

7. Viskositas Sirup(eliksir non alkoholik)

merah

Manis

6,0 

250mg/5ml

60ml/botol

5 cps -15 cps Ditujukan untuk pasien anak umur 1-12 tahun

Ditujukan untuk pasien anak umur 1-12 tahun 
Ditujukan untuk pasien anak umur 1-12 tahun
Parasetamol stabil pada PH tersebut. 

Drop
Jenis Spesifikasi yang diinginkan Alasan 
1.Bentuk sediaan 

2. Warna sediaan 

3. Rasa sediaan

4. PH Sediaan

5. Kadar sediaan

6. Volume sediaan

7. Viskositas Drop




Orange

Manis

6,0 

30,5/0,6ml

15ml/botol

5 cps -15 cps Dapat memudahkan anak untuk meminum obat tersebut, ditunjukan untuk pasien < 1 tahun.

Ditujukan untuk pasien anak umur < 1 tahun 
Ditujukan untuk pasien anak umur < tahun
Parasetamol stabil pada PH tersebut. 


5.4. Dosis dan Kemasan Terkecil
Syrup
Dosis Parasetamol
  1 –  6 tahun           =  125-250 mg
                        7 – 12 tahun         =   250-500 mg, 
Konsumen yang Dituju : Anak-anak
Perhitungan Dosis
Dosis yang Diperlukan :
1. Anak-anak
1-6 tahun : 1xP = 125-250 mg
7-12 tahun : 1xP = 250-500 mg
Bila dalam satu sendok takar (5ml) dibuat sirup yang mengandung 250 mg paracetamol, pemakaian menjadi :
 Anak-anak
1-6 tahun = ½ - 1 sendok takar
 1 hari   = ½ -1 sendok takar x 3 = 1,5- 3 sendok takar x5ml
= 4,5-15 ml
       3 hari   = (4,5-15 ml) x 3 = 13.5-45 ml
7-12 tahun= 1 ½ - 2 sendok takar
1 hari   = 1 ½ - 2 sendok takar x 3 = 4.5- 6 sendok takar x5ml
= 22.5 - 30 ml
     3 hari = 22.5 - 30ml x 3 = 67,5 - 90 ml
Maka, kemasan terkecil adalah 60 ml (250 mg/5 ml)
Drop 
Usia (Bulan) Bobot (Kg) Rata-rata bobot (Kg) Dosis parasetamol (mg)
Pria Wanita
0 3.1 3.0 3.05 30.5
1 4.2 3.8 4.0 40
2 5.2 4.8 5.0 50
3 5.9 5.4 5.65 56.5

(Martindale ed 36, page 32)
Anak-anak sampai umur 1 tahun = 120 mg
Maka dosis yang diperlukan: 0 bulan – 3 bulan = 30.5 mg – 60 mg.
3 bulan – 1 tahun = 60 mg – 120 mg.
Volume takaran pipet: 0.3 ml; 0.4 ml; 0.6 ml; 0.8 ml.
Volume takaran terkecil:  0.6 ml ~ 30.5 mg
0 bulan – 3 bulan = 0.6 ml – 1.2 ml.
3 bulan – 1 tahun = 1.5 ml – 2.4 ml.
Volume kemasan terkecil: 
Lama pengobatan : 3 hari
Pemakaian : 3-4 kali sehari
0 bulan – 3 bulan = 0.6 ml – 1.2 ml ~ 30.5 mg – 60 mg
1 hari = (0.6 ml - 1.2 ml) x 4 = 2.4 ml – 4.8 ml
3 hari = (2.4 ml – 4.8 ml) x 3 = 7.2 ml – 14.4 ml
3 bulan – 1 tahun = 1.2 ml – 2.4 ml ~ 30.5 ml – 60 mg
1 hari = (1.2 ml – 2.4 ml) x 4 = 4.8 ml – 9.6 ml
3 hari = (4.8 ml – 9.6 ml) x 3 = 14.4 ml – 28.8 ml
Kesimpulan: untuk kemasan terkecil adalah 15 ml.

5.5. Perhitungan Dapar 
Sediaan yang diharapkan memiliki PH 6,0. Dapar yang kami pilih adalah dapar fosfat mempunyai 3 pka.
pKa1 (H2PO4)    = 2,21 H3PO4     -  Na3PO4
pKa2 (H2PO4ˉ)  = 7,20 H2PO4ˉ   -  Na2HPO4
pKa3 (H2PO4²Ë‰) = 12,67 HPO4²Ë‰    -  NaH2PO4
pKa yang digunakan adalah pKa2 kareena paling mendekati PH larutan yang digunakan, dengan Na H2 PO4 sebagai asam dan Na2HPO4.
pH = pKa2 + Log   [ garam ]
[ asam ]
6,0 = 7,20 + Log [ Na2HPO4 ]
[NaH2PO4]
-1,21 = Log [ Na2HPO4 ]
[NaH2PO4]
0,0631 = [ Na2HPO4 ]
[NaH2PO4 ]
0,0631 [Na2HPO4] =   [ NaH2PO4 ]

Kapasitas dapar yang diinginkan : 0,02
pKa2 = 7,20 → Ka = 10ˉ7,20
pH = 6 → [ H3O+ ] = 10ˉ6,0

Masukkan dalam persamaan van slyke
ß = 2,3 C x  Ka [ H3O+ ]  
       ( Ka + H3O+])²
0,02 = 2,3 C x    10ˉ7,20 [ 10ˉ6,0]
              ((10ˉ7,20 + (10ˉ6,0))²)
C = 0,1558M

C = [ garam ] + [ asam ]
0,1558   = 0,0631 [ NaH2PO4] + [ NaH2PO4 ]
= 1,0631 [ NaH2PO4 ]
[ NaH2PO4 ] =   0,1558
        1,0631
= 0,1466 M
C = [ garam ] + [ asam ]
0,1558   = [ Na2HPO4 ] + [NaH2PO4]
[ Na2HPO4 ] = 0,1590 - 0,1498
= 9,2 x 10-3
Untuk NaH2PO4 dalam 60 ml larutan
NaH2PO4 . 2H2O =   [ Masaa ]        x  [ Masaa ]
  [ Mr ]                 [ Mr ]
9,2 x 10-3 =      Massa x     1000
  177,99        60
Massa =     0,0983 g 
Untuk Na2HPO4  dalam 60 ml larutan
Na2HPO4 . 2H2O     =  [ Masaa ]      x       [ 1000]        
                     [ Mr ]                    [ Mr ]
     0,1466  = massa x 1000
         156,01                  60
       Massa = 1,3723  g

5.6. Perhitungan  pengawet
1. Sediaan suspense dibuat dengan spesifikasi PH 6
2. Pengawet yang digunakan Na Benzoat 
PH efektivitas = 2-5
Konsentrasi = 0,02% - 0,5% (0,02%)
PKa = 4,19

3. Perhitungan 
pH = pKa + Log   [ Ion  ]
[ union  ]
5 = 4,19 + Log [ 0,02 ]
  [x ]
0,81 = Log [ 0,02 ]
  [x ]
3,0976 x 10-3 =  [ 0,02 ]
     [100,81]
x       =  3,10 x 10-3  %

pH = pKa + Log [ garam  ]
[ asam  ]
6 = 4,19 + Log     [      x        ]
[3,10 x 10-3   ]
= 1,81
x = (3,10 x 10-3  ) (101,81)
= 0,20%

Jadi pengawet Na Benzoat yang digunakan sebesar 0,20%
Komponen Dapar
a. Na2HPO4 
Pemerian : Hablur tidak berwarna, tidak berbau, rasa asin, dalam udara kering merapuh.
Kelarutan (air) → 1:5 , sukar larut dalam etanol 95%
Inkompatibilitas : garam alkaloid, striknin, kloralhidrat, ion asetat, fenasol, dan resorsinol
b. NaH2PO4
Pemerian : Hablur tidak berwarna, granul.
Kelarutan (air) → 1:1 , alkohol 1;30, glycerol 1:2, praktis tidak larut dalam eter.
Inkompatibilitas : asam mineral dengan karbonat, phosphat, sulfat, larutan terdekomposisi dengan pemanasan.
ADI : Up to 100 mmol of phospat daily. 
5.7. Formula Standart
Paracetamol Elixir (Martindale 28th : 23)
R/ Paracetamol 120 mg
Etanol 0,7  ml
Propilenglikol 0,5  ml
Air 0,5  ml
Gliserin   5  ml

R/ Paracetamol 1200 mg
Etanol     7  ml
Propilenglikol     5  ml
Air     5  ml
Gliserin    50  ml

Acetaminophen Elixir (Formularium Nasional Edisi 2 : 1)
R/ tiap 5 ml mengandung :
Acetaminophen 120 mg
Glycerolum 2,5 ml
Propilenglikol 500
Sorbitol solution 70% 1,25 ml
Aethanolum 500
Zat tambahan yang cocok q.s
Aqua ad     5 ml
Pediatric paracetamol elixir (the pharmaceutical codex 12 th edition)
Paracetamol 24 g 
Amarantha solution 2ml
Chloroform spirit 20 ml
Consentrate rusberry juice 25 ml
Etanol (96 %) 100 ml
Propilenglikol 100 ml
Invert syrup 275 ml
Gryserol to 1000 ml

Larutan paracetamol dalam campuran etanol, propilenglikol, dan kloroform spirit, dilute concentrated raiberry juice dengan invert sirup dan tambahkan kedalam larutan paracetamol, tambahkan laruta amaranth dan tambahkan gliserol sampai 1000 ml dan campurkan. Eliksir ini tidak boleh dicampur dan harus dihindarkan dari cahaya.

Acetaminophen Elixir Formularium Nasional ed. Kedua 1978
Eliksir Acetaminophen 
Eliksir Parasetamol
Komposisi = tiap ml mengandung:
  Acetaminophenum 120 ml
  Glycerolum 2,5 ml
  Propylenglycolum 500 ml
  Sorbitoli Solutio 1,25 ml
  Aethanolum 500 ml
  Zat tambahan yang cocok secukupnya
  Aquadest hingga 5 ml




BAB VI
FORMULASI SEDIAAN

6.1. Rancangan Formulasi Sediaan Sirup
Formulasi Sirup Paracetamol 1
Nama Bahan Fungsi Kadar % digunakan Jumlah 
Parasetamol Bahan Aktif 1,44 g
Propilen glikol Kosolven 10-25% 18% 11,2104 g
Gliserin Kosolven <50% 25% 18,93 g
PEG 400 Kosolven 15-25% 20% 13,44 g
Sorbitol Pemanis 20-35% 25% 22,35 g
NaH2PO4.2H2O Dapar 1,3723 g
Na2HPO4.2H2O Dapar 98,3 mg
Esense Anggur Perasa q.s q.s
Aquadest Pelarut Ad 60 ml

Perhitungan Pengambilan Bahan
a. Parasetamol 120 mg/ 5ml, Dibuat 60 ml
      

b. PEG 400 (20%)
       ; 12 ml x 1,120 g/ml  = 13,44 g

c. Gliserin (25%)
       ; 15 ml x 1,2620 g/ml = 18,93 g

d. Propilenglikol (18%)
       ; 10,8 ml x 1,038 g/ml = 11,2104 g


e. Sorbitol (25%)
      ; 15 ml x 1,49 g/ml = 22,35 g

Perhitugan kelarutan parasetamol 

Propilenglikol =   

          =   

Gliserin =   
=   

PEG 400 =   

=   

Total parasetamol yang larut  3,289 g

Perhitungan Konstanta Dielektrik 
Aquadest = 78,5
PEG 400 = 12,5
Propilenglikol = 32
Gliserin = 43

KD =   = 46,875

Perhitungan ADI
1. Propilenglikol (25 mg/kg BB)
    Bj = 1,035- 1,037 g/ml    (FI III hal 534)
                 1,038 g/ml                ( HPE hal 592)
Umur BB (Kg) 25mg/ Kg BB
1-5 tahun 10-15 kg 250 mg- 375 mg
6-12 tahun 16- 23 kg 400 mg- 575 mg

Umur 1-5 tahun
Propilenglikol = 18% x 60ml
= 10,8 ml x 1,038 g/ml
= 11,2104 g
Sehari = 4x (5 ml- 10 ml) = 20- 40 ml
Dalam 20 ml =   = 3,6 ml (3,7368 g)
      Dalam 40 ml   =   = 7,2 ml (7,4736 g )

Umur 6- 12 tahun
Sehari = 4x (10 ml- 20 ml) = 40 ml- 80 ml
Dalam 40 ml =    = 7,2 ml (7,4736 g)
Dalam 80 ml =    = 14,4 ml (14,9472 g)
Kesimpulan : tidak masuk retang tetapi masih diperbolehkan karena tidak digukan sehari- hari.

2. Gliserin (1,0- 1,5 mg/ kg BB)
Bj = 1,2620 g/ml

Umur BB 1,0- 1,5 mg/ kg BB
1- 5 tahun 10- 15 kg (10-15) mg / (15- 22,5) mg
6- 12 tahun 16- 23 kg (16- 23) mg / (23- 34,5) mg

Gliserin = 25% x 60ml
 = 15 ml x 1,2620 g/ml
 = 18,93 g
Sehari             = 4x (5 ml- 10 ml) = 20- 40 ml
Dalam 20 ml =   = 5 ml (6,31 g)
      Dalam 40 ml   =   = 10 ml (12,62 g )

Umur 6- 12 tahun
Sehari             = 4x (10 ml- 20 ml) = 40 ml- 80 ml
Dalam 40 ml  =    = 10 ml  (12,62 g)
Dalam 80 ml  =    = 20 ml  (25,24 g)
Kesimpulan : tidak masuk retang tetapi masih diperbolehkan karena tidak digukan   sehari- hari.

3. PEG 400 ( 10 mg/ kg BB)
Bj = 1,120 g/ml

Umur BB (kg) 10 mg/ kg BB
1- 5 tahun 10- 15 kg 100 mg- 150 mg
6- 12 tahun 16- 23 kg 160 mg- 230 mg

PEG 400= 20 % x 60ml
= 12 ml x 1,120 g/ml
= 13,44 g
Umur 1-5 tahun
Sehari             = 4x (5 ml- 10 ml) = 20- 40 ml
Dalam 20 ml =   = 4 ml  (4,48 g)
      Dalam 40 ml   =   = 8 ml (8,96 g )
Umur 6- 12 tahun
Sehari          = 4x (10 ml- 20 ml) = 40 ml- 80 ml
Dalam 40 ml =    = 8 ml (8,96 g)
Dalam 80 ml =    = 16 ml (17,92 g)
Kesimpulan : tidak masuk retang tetapi masih diperbolehkan karena tidak digukan sehari- hari.

4. Sorbitol
Batas ADI = 200 g- 300 g
Umur 1- 5 tahun
Sehari             = 4x (5 ml- 10 ml) = 20- 40 ml
Dalam 20 ml =   = 5 ml  (7,45 g)
      Dalam 40 ml   =   = 10 ml (14,9 g )
Batas ADI = 320 g- 460 g
Umur 6- 12 tahun
Sehari            = 4x (10 ml- 20 ml) = 40 ml- 80 ml
Dalam 40 ml =    = 10 ml (814,9  g)
Dalam 80 ml =    = 20 ml (29,8 g)
Kesimpulan : tidak masuk retang tetapi masih diperbolehkan karea tidak digukan sehari- hari.

Formula Sirup Parasetamol 2
Nama Bahan Fungsi Kadar % digunakan Jumlah 
Parasetamol Bahan Aktif 1,44 g
PEG 400 Pelarut 15- 25% 20% 13,44 g
Propilenglikol Pelarut 10- 25% 20% 12,456 g
Saccharin na Pemanis 0,10% 51,6 mg
Sorbitol Pemanis 20- 35% 20% 17,88 g
Na2HPO4.2H2O Dapar 98,3 mg
NaH2PO4.2H2O Dapar 1,3723 g
Essence Jeruk Perasa q.s q.s q.s
Pewarna Orange Pewarna q.s q.s q.s
Aqua Pelarut Ad 60 ml

Perhitungan Pengambilan Bahan 
a. Parasetamol 120 mg/ 5ml
Dibuat 60 ml

b. PEG 400 (20%)
  ; 12 ml x 1,120 g/ml  = 13,44 g
c. Propilenglikol (20%)
                    ; 12 ml x 1,038 g/ml = 12,456 g
d. Sorbitol (20%)
  ; 12 ml x 1,49 g/ml = 17,88 g
e. Saccharin na (0,10%)
  ; 12 ml x 0,86 g/ml  = 51,6 mg
Perhitungan kelarutan parasetamol:
Propilenglikol =   

          =   

PEG 400 =   

=   

Total parasetamol yang larut =  3,04 g

Perhitungan Konstanta Dielektrik 
Aquadest = 78,5
PEG 400 = 12,5
Propilenglikol = 32

KD =   = 56

Perhitungan ADI
1. Propilenglikol (25 mg/kg BB)
  Bj = 1,035- 1,037 g/ml    (FI III hal 534)
                      1,038 g/ml                ( HPE hal 592)
Umur BB (Kg) 25mg/ Kg BB
1-5 tahun 10-15 kg 250 mg- 375 mg
6-12 tahun 16- 23 kg 400 mg- 575 mg

Umur 1-5 tahun
Propilenglikol = 20% x 60ml
= 12 ml x 1,038 g/ml
= 12,456 g
Sehari             = 4x (5 ml- 10 ml) = 20- 40 ml
Dalam 20 ml =   = 4 ml (4,152 g)
      Dalam 40 ml   =   = 8 ml (8,304 g )

Umur 6- 12 tahun
Sehari           = 4x (10 ml- 20 ml) = 40 ml- 80 ml
Dalam 40 ml =    = 8 ml (8,304 g)
Dalam 80 ml =    = 16 ml (16,608 g)
Kesimpulan : tidak masuk retang tetapi masih diperbolehkan karena tidak digunakan sehari- hari.
2. Saccharin a (2,5 mg/ kg BB)

Umur BB 2,5 mg/ kg BB
1- 5 tahun 10- 15 kg 25 mg- 37,5 mg
6- 12 tahun 16- 23 kg 40 mg- 80 mg

Sehari             = 4x (5 ml- 10 ml) = 20- 40 ml
Dalam 20 ml =   = 0,02 ml (17,2 mg)
      Dalam 40 ml   =   = 10 ml (34,4 mg )

Umur 6- 12 tahun
Sehari           = 4x (10 ml- 20 ml) = 40 ml- 80 ml
Dalam 40 ml =    = 0,04 ml  (34,4 g)
Dalam 80 ml =    = 0,08 ml  (68,8 mg)
Kesimpulan :  masuk retang  ADI

3. PEG 400 ( 10 mg/ kg BB)
Bj = 1,120 g/ml

Umur BB (kg) 10 mg/ kg BB
1- 5 tahun 10- 15 kg 100 mg- 150 mg
6- 12 tahun 16- 23 kg 160 mg- 230 mg

PEG 400= 20 % x 60ml
= 12 ml x 1,120 g/ml
= 13,44 g
Umur 1-5 tahun
Sehari              = 4x (5 ml- 10 ml) = 20- 40 ml
Dalam 20 ml =   = 4 ml  (4,48 g)
      Dalam 40 ml   =   = 8 ml (8,96 g )
Umur 6- 12 tahun
Sehari            = 4x (10 ml- 20 ml) = 40 ml- 80 ml
Dalam 40 ml =    = 8 ml (8,96 g)
Dalam 80 ml =    = 16 ml (17,92 g)
Kesimpulan : tidak masuk retang tetapi masih diperbolehkan karena tidak digunakan sehari- hari.

4. Sorbitol
Batas ADI = 200 g- 300 g
Umur 1- 5 tahun
Sehari             = 4x (5 ml- 10 ml) = 20- 40 ml
Dalam 20 ml =   = 5 ml  (7,45 g)
      Dalam 40 ml   =   = 10 ml (14,9 g )
Batas ADI = 320 g- 460 g
Umur 6- 12 tahun
Sehari            = 4x (10 ml- 20 ml) = 40 ml- 80 ml
Dalam 40 ml =    = 10 ml (814,9  g)
Dalam 80 ml =    = 20 ml (29,8 g)
Kesimpulan : tidak masuk retang tetapi masih diperbolehkan karena tidak digunakan sehari- hari.

Formula sirup Parasetamol 3
No Nama Bahan Fungsi Kadar % digunakan jumlah
1 Parasetamol Bahan Aktif 1,14 g
2 Gliserin Kosolven ≤20% 20% 0.01 g
3 Propilenglikol Kosolven 10% - 25% 25% 0.01 g
4 Saccarin Sodium Pemanis 0,04% - 0,25% 0,20% 0,20 g
5 Sodium Benzoat Pengawet 0,02% - 0,5% 0,5% 0,45 g
6 Na2HPO4 Dapar 0,10 g
7 NaH2PO4 Dapar 1,37 g
8 Esence Strawberry Perasa q.s q.s
9 Pewarna Pink Pewarna q.s q.s
10 Aquadest Pelarut ad 60 ml
Perhitungan pengambilan bahan
a. Parasetamol =  
b. Gliserin =   –› 12 ml x 1,2620   = 15,144 g
c. Propilenglikol =   –› 15 ml x 1,038  = 15,17 g
d. Saccarin Sodium =     –› 0,12 ml x 1,70   = 0,204 g
e. Sodium Benzoat =   –› 0,3 ml x 1,497   = 0,4491 g
Perhitungan penggunaan kosolven
Gliserin =   –› 
Sisa Parasetamol = 1,44 g – 0,3 g = 1,44 g
Propilenglikol =   –› 
Sisa Parasetamol = 1,6667 g – 1,44 g = 0,5267 g

Perhitungan konstanta dielektrik
Aquades = 78,5
Propilenglikol = 32
Gliserin = 43
Parasetamol = ( % aquades X konatanta dielektrik) + ( % gliserin X konatanta dielektrik) + ( % propilenglikol X konatanta dielektrik)
=   = 59,78
Perhitungan ADI
Gliserin (1,0 – 1,5 mg / kg BB) –› BJ = 1,2620 
Umur BB (Kg) 1,0-1,5 mg/kg BB
1-5 tahun 10-15 kg (10-15 mg) / (15-22,5 mg)
6-12 tahun 16-23 kg (16-24 mg) / (23-34 mg)
Batas ADI (10-15 mg) / (15-22,5 mg) –› umur 1-5 tahun
Pemakaian parasetamol sehari : 4 x (5ml-10ml) = 20 ml – 40 ml
Kandungan Gliserin 
20 ml :   –› 4 ml x 1,2620   = 5,048 g
40 ml :   –› 8 ml x 1,2620   = 10,096 g
Pemakaian perhari = (5,048 g - 10,096 g)
Pemakaian parasetamol sehari : 4 x (10ml-20ml) = 40 ml – 80 ml
Umur 6-12 tahun = (16mg – 23mg)/(23mg – 34,5 mg)
Kandungan Gliserin 
40 ml :   –› 8 ml x 1,2620   = 10,096 g
80 ml :   –› 16 ml x 1,2620   = 20,192 g
Pemakaian perhari = (10,096 g - 20,192 g)
Kesimpulan : Masuk rentang ADI
Propilenglikol (25 mg/kg BB) –› BJ = 1,038  
Umur BB (Kg) 25 mg/kg BB
1-5 tahun 10-15 kg 250-375 mg
6-12 tahun 16-23 kg 400-575 mg

Umur 1-5 tahun ADI = 250 mg – 375 mg
 =     –› 15 ml x 1,038   = 15,57 g
Pemakaian sehari = 4 x (5 ml – 10 ml) = 20 ml – 40 ml
20 ml :   –› 5 ml x 1,038   = 5,19 g
40 ml :   –› 10 ml x 1,038   = 10,38 g
Pemakaian perhari = (5,19 g - 10,38 g)
Umur 6-12 tahun
ADI = 400 mg – 575 mg
Pemakaian sehari = 4 x (10 ml – 20 ml) = 40 ml – 80 ml
40 ml :   –› 10 ml x 1,038   = 10,38 g
80 ml :   –› 20 ml x 1,038   = 20,76 g
Pemakaian perhari = (10,38 g – 20,76 g)
Kesimpulan : Tidak masuk rentang, tetapi diperbolehkan karena tidak untuk digunakan sehari-hari.
6.2. Rancangan Formulasi sediaan drop
Formula Drop Paracetamol 1
Nama Bahan Fungsi Kadar % yang digunakan Jumlah 30 ml Jumlah 60 ml
Paracetamol Bahan aktif 0,75 g 3 g
Propilenglikol Cosolvent 10 – 25 % 23 % 3,5811 g 14,3244 g
PEG 400 Cosolvent - 25 % 4,2 g 16,8 g
Glycerin Cosolvent < 20 % 15 % 2,8395 g 11,358 g
Saccharin Na Pemanis 0,04 – 0,25 % 0,20 % 0,0258 g 0,1032 g
Perasa anggur Perasa q.s q.s q.s
Pewarna ungu Pewarna q.s q.s q.s
Sorbitol Pemanis ad 15 ml ad 60 ml

Perhitungan
1. Paracetamol         =  30 mg/0,6ml
                                 30mg/0,6ml X 15ml = 750mg = 0,75 g

2. Propilenglikol      =  23mg/100ml X 15ml = 3,45ml
                                  3,45ml X 1,038 g/ml = 3,5811 g

3. PEG 400               = 25mg/100ml X 15ml = 3,75ml
                                 3,75ml X 1,120 g/ml = 4,2 g

4. Glycerin               = 15 mg/100ml X 15ml = 2,25 ml
                                  2,25ml X 1,2620 g/ml = 2,8395 g

5. Saccharin Na        =  0,20mg/100ml X 15ml = 0,03 ml
                                     0,03ml X 0,86 g/ml = 0,0258 g

Kelarutan Paracetamol dalam kosolven
1. Propilenglikol  = 23mg/100ml X 15ml = 3,45ml
                             3,45ml/9ml X 1g  = 0,383 g

2. PEG 400           = 25mg/100ml X 15ml = 3,75ml
                             3,75ml/7ml X 1g   = 0,5357 g

3. Gliserin             = 15mg/100ml X 15ml = 2,25ml
                              2,25ml/40ml X 1g = 0,0563 g

Konstanta Dielektrik = (% Propilenglikol X % konstanta dilektrik) + (% PEG 400 X konstanta dilektrik) + (% Gliserin X konstanta dielektrik ) + (% Sorbitol X konstanta dielektrik)
                                      

100
= (23x32) + (25x12,5) + (15x43) + (37x65)
100
=  40,985 %
Perhitungan ADI
1. Propilenglikol
Umur BB (kg) ADI 25mg/kg BB
0 – 3 bulan 3,05 – 5,65 76,25 – 141,25
3 – 6 bulan 5,65 – 7,05 141,25 – 176, 25
6 – 12 bulan 7,05 – 7,85 176,25 – 196,25

Pengunaan umur 0 – 3 bulan
Sehari = (2,4ml – 4,8  ml) : 15 ml x 3,5811g = 0,5730 g  – 1,1460 g
Penggunaan umur 3 – 6 bulan
Sehari = (4,8 ml – 7,2 ml) : 15ml x 3.5811g = 1,1460 g – 1,7189 g
Penggunaan umur 6 – 12 bulan
Sehari = ( 7,2 ml – 9,6 ml) : 15 ml x 3,5811g =  1,7189 g – 2,2919 g

2. PEG 400
Umur BB (kg) ADI 10mg/kg BB
0 – 3 bulan 3, 05 – 5, 65 30,05 – 56,5
3 – 6 bulan 5, 65 – 7, 05 56,5 – 70,5
6 – 12 bulan 7, 05 – 7, 85 70,5 – 78, 5


Penggunaan umur 0- 3 bulan
Sehari = (2,4 ml – 4,8 ml) : 15 ml x 4,2 g = 0,672 g – 1,344 g
Pengunaan umur 3 – 6 bulan
Sehari = (4,8 ml – 7,2 ml) : 15 ml x 4,2 g = 1,344 g – 2,0616 g
Pengunaan umur 6 – 12 bulan
Sehari =  ( 7,2 ml – 9,6 ml) : 15 ml x 4,2 g = 2, 06 g – 2, 688 g

3. Glycerin
Umur BB  (kg) ADI 1,0 – 1,5 g/kg BB
0 – 3 bulan 3,05 – 5,65 3,05 – 8,48
3 – 6 bulan 5,65 – 7,05 8,48 – 10,58
6 – 12 bulan 7,05 – 7, 85 10,58 – 11, 78

Penggunaan umur 0- 3 bulan
Sehari = (2,4 ml – 4,8 ml) : 15 ml x 2,8395 g = 0,4543 g – 0,9086 g 
Pengunaan umur 3 – 6 bulan
Sehari = (4,8 ml – 7,2 ml) : 15 ml x 2,8395 g = 0,9086 g – 1,3630 g
Pengunaan umur 6 – 12 bulan
Sehari =  ( 7,2 ml – 9,6 ml) : 15 ml x 2,8395 g = 1,3630 g – 1,8173 g

4. Saccharin Na
Umur BB/kg ADI 25mg/kgBB
0 – 3 bulan 3,05 – 5,65 7, 63 – 14,13
3 – 6 bulan 5,65 – 7,05 14,13 – 17,63
6 – 12 bulan 7,05 – 7, 85 17,63 – 19, 63


Penggunaan umur 0- 3 bulan
Sehari = (2,4 ml – 4,8 ml) : 15 ml x 0,0258 g = 0,00413 g – 0,0083 g
Pengunaan umur 3 – 6 bulan
Sehari = (4,8 ml – 7,2 ml) : 15 ml x 0,0258 g = 0,0083 g – 0,0124 g
Pengunaan umur 6 – 12 bulan
Sehari =  ( 7,2 ml – 9,6 ml) : 15 ml x 0,0258 g = 0,0124 g – 0,0165 g

Formula Drop Paracetamol 2
Nama Bahan Fungsi Kadar % yang digunakan Jumlah 30 ml Jumlah 60 ml
Paracetamol Bahan aktif 30mg/0,6ml 0,75 g 3 g
Propilenglikol Cosolvent 10 – 25 % 20 % 3,11 g 12, 46 g
PEG 400 Cosolvent 15 – 25 % 25 % 4,2 g 16,8 g
Glycerin Cosolvent < 20 % 15 % 2,84 g 11,86 g
Saccharin Na Pemanis 0,04 – 0,25 % 0,10 % 0,0129 g 0,0516 g
Perasa melon Perasa q.s q.s q.s
Pewarna hijau Pewarna q.s q.s q.s
Sorbitol Pemanis ad 15 ml ad 60 ml

Perhitungan
1. Paracetamol    = 15ml/0,6 ml x 0,03 g = 0,75 g
  60ml/0,6ml x 0,03g = 3 g

2. Propilenglikol = 20/100 x15 ml = 3 ml x1,038 g/ml = 3,11 g
20/100 x 60 ml = 12 ml x1,038 g/ml = 12,46 g

3. PEG 400          = 25/100 x 15 ml = 3,75 ml x 1, 120 g/ml = 4,2 g
            25/100 x 60 ml = 15 ml x 1, 120 g/ml = 16,8 g

4. Gliserin            = 15/100 x 15 ml = 2,25 ml x 1,2620 g/ml = 2,84 g
          15/100 x 60 ml = 9 ml x 1,2620 g/ml = 11,86 g

5. Saccharin Na   = 0,1/100 x 15 ml = 0,015 ml x 0,86 g/ml = 0,0129 g
0,1/100 x 60 ml = 0,06 ml x 0,86 g/ml =0,0516 g

Perhitungan penggunaan kosolven
1. Propilenglikol  = 3 ml/ 9 ml x 1 g = 0,33 g
                             12 ml/9 ml X 1g  = 1,33 g

2. PEG 400           = 3,75 ml/ 7 ml x 1g = 0,54 g
                             15ml/ 7ml x 1g   = 2,14 g

3. Gliserin             = 2,25ml/ 40 ml = 0,06 g
                              9 ml/ 40 ml x 1g = 0,225 g

Konstanta Dielektrik = (% Propilenglikol X % konstanta dilektrik) + (% PEG 400 X konstanta dilektrik) + (% Gliserin X konstanta dielektrik ) + (% Sorbitol X konstanta dielektrik)

100
= (20% x 32) + (25% x 12,5) + (15% x 43) + (40% x 65)

100
= 41, 975 %

Perhitungan ADI
1. Propilenglikol
Umur BB (kg) ADI 25mg/kg BB
0 – 3 bulan 3,05 – 5,65 76,25 – 141,25
3 – 6 bulan 5,65 – 7,05 141,25 – 176, 25
6 – 12 bulan 7,05 – 7,85 176,25 – 196,25

Pengunaan umur 0 – 3 bulan
Sehari = (2,4ml – 4,8  ml) : 15 ml x 3,11g = 0,5 g  – 0,99 g
Penggunaan umur 3 – 6 bulan
Sehari = (4,8 ml – 7,2 ml) : 15ml x 3,11g = 0,99 g – 1,5 g
Penggunaan umur 6 – 12 bulan
Sehari = ( 7,2 ml – 9,6 ml) : 15 ml x 3,11g =  1,5g – 1,99 g

2. Glycerin
Umur BB  (kg) ADI 1,0 – 1,5 g/kg BB
0 – 3 bulan 3,05 – 5,65 3,05 – 8,48
3 – 6 bulan 5,65 – 7,05 8,48 – 10,58
6 – 12 bulan 7,05 – 7, 85 10,58 – 11, 78

Penggunaan umur 0- 3 bulan
Sehari = (2,4 ml – 4,8 ml) : 15 ml x 2,84 g = 0,45 g – 0,91 g 
Pengunaan umur 3 – 6 bulan
Sehari = (4,8 ml – 7,2 ml) : 15 ml x 2,84 g = 0,91 g – 1,36 g
Pengunaan umur 6 – 12 bulan
Sehari =  ( 7,2 ml – 9,6 ml) : 15 ml x 2,84 g = 1,36 g – 1,82 g

3. PEG 400
Umur BB (kg) ADI 10mg/kg BB
0 – 3 bulan 3, 05 – 5, 65 30,05 – 56,5
3 – 6 bulan 5, 65 – 7, 05 56,5 – 70,5
6 – 12 bulan 7, 05 – 7, 85 70,5 – 78, 5

Penggunaan umur 0- 3 bulan
Sehari = (2,4 ml – 4,8 ml) : 15 ml x 4,2 g = 0,672 g – 1,344 g
Pengunaan umur 3 – 6 bulan
Sehari = (4,8 ml – 7,2 ml) : 15 ml x 4,2 g = 1,344 g – 2,0616 g
Pengunaan umur 6 – 12 bulan
Sehari =  ( 7,2 ml – 9,6 ml) : 15 ml x 4,2 g = 2, 06 g – 2, 688 g

4. Saccharin Na
Umur BB/kg ADI 25mg/kgBB
0 – 3 bulan 3,05 – 5,65 7, 63 – 14,13
3 – 6 bulan 5,65 – 7,05 14,13 – 17,63
6 – 12 bulan 7,05 – 7, 85 17,63 – 19, 63

Penggunaan umur 0- 3 bulan
Sehari = (2,4 ml – 4,8 ml) : 15 ml x 0,03 g = 0,0048 g – 0,0096 g
Pengunaan umur 3 – 6 bulan
Sehari = (4,8 ml – 7,2 ml) : 15 ml x 0,03 g = 0,0096 g – 0,0144 g
Pengunaan umur 6 – 12 bulan
Sehari =  ( 7,2 ml – 9,6 ml) : 15 ml x 0,03 g = 0,0144 g – 0,0192 g

Formula Drop Paracetamol 3
Nama Bahan Fungsi Kadar % yang digunakan Jumlah (15 ml) Jumlah (60 ml)
Paracetamol Bahan aktif - - 0u,75 g 3 g
Propilenglikol Kosolven 10- 25% 20% 3,114 g 12,456 g
Gliserin Kosolven   < 50% 35% 6,6255 g 26,502 g
PEG 400 Kosolven 15- 25% 23% 3,864 g 15, 456 g
Saccharin Na Pemanis 0,04- 0,25% 0,20% 0,0258 g 0,1032 g
Perasa jeruk Perasa q.s q.s
Pewarna kuning Pewarna q.s q.s
Sorbitol Pemanis Ad 15 ml Ad 60 ml
Perhitungan pengambilan bahan 
Parasetamol = 30 mg/ 0,6 ml x 60 ml = 3 g
Propilenglikol = 20/ 100 x 60 ml = 12 ml x 1,038 g/ml = 12,456 g
Gliserin = 35/ 100 x 60 ml = 21 ml x 1,2620 g/ml = 26,502 g
PEG 400 = 23/ 100 x 60 ml = 13,8 ml x 1,120 g/ml = 15,456 g
Saccahrin Na = 0,20/ 100 x 60 ml = 0,12 ml x 0,86 g/ml = 0,1032 g

Perhitungan penggunaan kosolven 
Propilenglikol = 12 ml/ 9 ml x 3 g = 4 g
Gliserin = 21 ml/ 40 ml x 3 g = 1,575 g
PEG 400 = 13,8 ml/ 7 ml x 3 g = 5,9143 g

Perhitungan Konstanta Dielektrik 

KD =   = 44,25
Perhitungan ADI
1. Propilenglikol
Umur Berat Badan (kg) ADI 25 mg/kg BB
0 – 3 bulan 3,05 – 5,65 76,25 – 141,25
3 – 6 bulan 5,65 – 7,05 141,25 – 176,25
6 – 12 bulan 7,05 – 7,85 176,25 – 196,25

Penggunaan dalam sehari

0 – 3 bulan =   3,114 g = 0,4982 g – 0,9964 g

3 – 6 bulan =   3,114 g = 0,9964 g – 1,4947 g

6 – 12 bulan =   3,114 g = 1,4947 g – 1,9929 g

2. Gliserin
Umur Berat Badan (kg) ADI 1,0 – 1,5 g/kg BB
0 – 3 bulan 3,05 – 5,65 3,05 – 8,48 g
3 – 6 bulan 5,65 – 7,05 8,48 – 10,58 g
6 – 12 bulan 7,05 – 7,85 10,58 – 11,78 g

Penggunaan dalam sehari
0 – 3 bulan =   4,7325 g = 0,7572 g – 1,5144 g

3 – 6 bulan =   4,7325 g = 1,5144 g – 2,2716 g

6 – 12 bulan =   4,7325 g = 2,2716 g – 3,0288 g

3. PEG 400
Umur Berat Badan (kg) ADI 10 mg/kg BB
0 – 3 bulan 3,05 – 5,65 30,5 – 56,5
3 – 6 bulan 5,65 – 7,05 56,5 – 70,5
6 – 12 bulan 7,05 – 7,85 70,5 – 78,5
Penggunaan dalam sehari
0 – 3 bulan =   2,52 g = 0,4032 g – 0,8064 g
3 – 6 bulan =   2,52 g = 0,8064 g – 1,2096 g
6 – 12 bulan =   2,52 g = 1,2096 g – 1,6128 g

4. Sorbitol
Umur Berat Badan (kg) ADI 10 mg/kg BB
0 – 3 bulan 3,05 – 5,65 30,5 – 56,5
3 – 6 bulan 5,65 – 7,05 56,5 – 70,5
6 – 12 bulan 7,05 – 7,85 70,5 – 78,5
Penggunaan dalam sehari
0 – 3 bulan =   6,705 g = 1, 0728 g – 2,1456 g
3 – 6 bulan =   6,705 g = 2,1456 g – 3,2184 g
6 – 12 bulan =   6,705 g = 3,2184 g – 4,2912 g

6.3. Rancangan Formulasi Scale Up

Formulasi scale up sirup

No Nama Bahan Fungsi Kadar % digunakan jumlah
1 Parasetamol Bahan Aktif 5,76 g
2 Gliserin Kosolven ≤20% 20% 60,56 g
3 Propilenglikol Kosolven 10% - 25% 25% 62,28 g
4 Saccarin Sodium Pemanis 0,04% - 0,25% 0,20% 0,80 g
5 Sodium Benzoat Pengawet 0,02% - 0,5% 0,5% 1.80 g
6 Na2HPO4 Dapar 0,40 g
7 NaH2PO4 Dapar 5,48 g
8 Esence Strawberry Perasa q.s q.s
9 Pewarna pink Pewarna q.s q.s
10 Aquadest Pelarut ad 240 ml

Formulasi scale up drop

Nama Bahan Fungsi Kadar % yang Digunakan Jumlah
Paracetamol Bahan aktif 30 mg/0,6 ml 12 g
Propilenglikol Kosolven 10 – 25% 20% 49,824 g
Gliserin Kosolven  50%
35% 106,008 g 
PEG 400 Kosolven 15 – 25% 23% 61,824 g 
Sakarin Na Pemanis 0,04% - 0,25% 0,20% 0,4128 g
Perasa jeruk Perasa q.s. q.s.
Pewarna oranye Pewarna q.s. q.s.
Sorbitol sol. Pemanis Ad 240 ml Ad 240 ml 


BAB VII
RANCANGAN PRODUKSI


7.1. Cara Peracikan Formula
Formula sirup 1
1. Siapkan alat dan bahan
2. Kalibrasi botol ad 60 ml
3. Ditimbang propilenglikol sebanyak 11,2104 g, masukkan ke beaker glass
4. Ditimbang gliserin sebanyak 18,93 g, masukkan ke beaker glass no (3)
5. Ditimbang PEG 400 sebanyak 13,44 g, masukkan ke beaker glass no (4), aduk ad      homogen
6. Ditimbang parasetamol sebanyak 1,44 g, masukkan ke beaker glass no (5)
7. Ditimbang sorbitol sebanyak 22,35 g  dimasukkan ke beaker glass no (6)
8. Ditimbang naH2PO4.2H2O sebanyak 1,3723 g, masukkan ke beaker glass
9. Ditimbang na2HPO4.2H2O sebanyak 98,3 mg, masukkan ke beaker glass no (8) tambahkan aquadest, aduk ad larut campurkan dengan beker no (7)
10. Ditambahkan pewarna dan perasa secukupnya
11. Dimasukkan ke dalam botol yang telah dikalibrasi
12. Ditambahkan aquadest ad tanda kalibrasi, kocok ad homogen
13. Diberi etiket dan label

Formula sirup 2
1. Siapkan alat dan bahan
2. Kalibrasi botol ad 60 ml
3. Ditimbang propilenglikol sebanyak 12,456 g, masukkan ke beaker glass
4. Ditimbang PEG 400 sebanyak 13,44 g, masukkan ke beaker glass no (3), aduk ad      homogen
5. Ditimbang parasetamol sebanyak 1,44 g, masukkan ke beaker glass no (4) sedikit demi sedikit sambil diaduk ad homogen
6. Ditimbang sorbitol sebanyak 17,88 g, masukkan kedalam beker glass
7. Ditimbang saccharin na sebanyak 51.6 mg, masukkan kedalam beker glass no (6), aduk ad larut, campurkan ke dalam beker glass no (5) aduk ad homogen
8. Ditimbang naH2PO4.2H2O sebanyak 1,3723 g, masukkan ke beaker glass
9. Ditimbang na2HPO4.2H2O sebanyak 98,3 mg, masukkan ke beaker glass no (8) tambahkan aquadest, aduk ad larut campurkan dengan beker no (7)
10. Ditambahkan pewarna dan perasa secukupnya
11. Dimasukkan ke dalam botol yang telah dikalibrasi
12. Ditambahkan aquadest ad tanda kalibrasi, kocok ad homogen
13. Diberi etiket dan label

Formula sirup 3
1. Siapkan alat dan bahan.
2. Kalibrasi botol ad 60 ml.
3. Ditimbang parasetamol sebanyak 1.44 g.
4. Ditimbang gliserin sebanyak 15.44 g, dimasukkan kedalam beker gelas.
5. Ditimbang propilenglikol sebanyak 15.57 g, dimasukkan kedalam beker gelas no (4), aduk ad homogen.
6. Dimasukkan parasetamol ke dalam campuran (5) sedikit demi sedikit sambil diaduk ad larut.
7. Ditimbang saccarin sodium sebanyak 0.20 g, dimasukkan ke campuran (6).
8. Ditimbang NaH2PO4 sebanyak 1.37 g, dimasukkan ke beker gelas.
9. Ditimbang Na2HPO4 sebanyak 0,10 g, dimasukkan ke beker gelas no (8), dilarutkan dengan aquades dan dimasukkan ke campuran (7) aduk ad homogen.
10. Ditimbang Na. Benzoat sebanyak 0.45 g, dimasukkan ke beker no (9), aduk ad larut dan homogen.
11. Ditambahkan pewarna hijau dan esence melon q.s aduk ad homogen.
12. Dimasukkan kedalam botol yang telah dikalibrasi.
13. Ditambahkan aquades ad garis tanda kalibrasi, kocok ad homogen.
14. Diberi etiket dan label.
Formula drop 1
1. Disiapkan alat dan bahan.
2. Dikalibrasi botol ad tanda 15ml dan 60 ml.
3. Ditimbang masing-masing bahan yaitu  kosolven dan PCT.
4. PCT dibagi menjadi 3 bagian aa, lalu masing-masing dilarutkan. dengan kosolven (PEG 400, propilenglikol, gliserin) aduk ad larut.
5. Lalu campurkan ketiga bahan yang sudah tercampur merata.
6. Ditimbang Sacchari Na lalu dimasukkan ke dalam campuran (no 5) aduk ad homogen.
7. Ditambahkan sorbitol solutio pada campuran larutan ad 60 ml.
8. Ditambahkan essence anggur dan pewarna anggur pada (no 8) diaduk ad homogen.
9. Lalu dimasukkan campuran pada botol 15ml yang sudah ditara.
10. Diberi label dan etiket putih 

Formula drop 2
1. Disiapkan alat dan bahan.
2. Dikalibrasi botol ad tanda 15ml.
3. Ditimbang PEG 400, propilenglikol dan gliserin, kemudian dimasukkan kedalam beaker glass diaduk ad homogen.
4. Ditimbang paracetamol, kemudian masukkan kedalam campuran no (no 3) diaduk ad larut dan homogen.
5. Ditimbang sorbitol, kemudian masukkan kedalam beaker glass aduk ad homogen.
6. Ditambahkan perasa melon dan pewarna hijau hingga didapatkan spesifikasi yang diinginkan.
7. Dimasukkan campuran kedalam botol  yang telah dikalibrasi sebeumnya.
8. Diadkan sesuai tanda kalibrasi.
9. Diberi etiket dan label.

Formula drop 3
1. Siapkan alat dan bahan.
2. Kalibrasi botol 15 ml dan 60 ml.
3. Ditimbang paracetamol.
4. Ditimbang PEG 400.
5. Ditimbang propilenglikol. 
6. Ditimbang gliserin.
7. PEG 400, propilenglikol, dan gliserin dicampur dalam beker glass.
8. Dimasukkan PCT kedalam campuran no (7) diaduk ad larut.
9. Ditimbang Saccharin Na.
10. Saccharin na dilarutkan dengan sorbitol ad larut, masukkan ke campuran no (8).
11. Ditambahkan perasa dan pewarna hingga didapatkan spesifikasi yang diinginkan.
12. Dimasukkan seluruh campuran kedalam botol.
13. Di-adkan sesuai tanda kalibrasi dengan sorbitol.
14. Diberi label dan etiket.
7.2. Skema kerja Formula
Formula sirup 1
PEG 400 + Propilenglikol + Gliserin  


       Dicampur didalam beker glass
      

Ditimbang parasetamol 


Dimasukkan ke beaker  glass
       Aduk ad homogen
    
        Ditimbang sorbitol 
Dicampurkan pada beker glass    
Aduk ad homogen 
Ditimbang naH2PO4.2H2O
Ditimbang na2HPO4.2H2O        
Dimasukkan ke dalam campuran dalam beker  glass
Dilarutkan dg aquades  Ad larut aduk ad homogen
Ditambhakan pewarna dan perasa secukupnya

Dimasukkan kedalam botol yang telah dikalibrasi

Dikocok ad homogen

Diberi etiket dan label
Formula sirup 2
             PEG 400 + Propilenglikol 


       Dicampur didalam beker glass aduk ad homogen
      

Ditimbang parasetamol 
 Ditimbang saccharin na dan sorbitol,campur ad larut dan homogen 
                                Dimasukkan ke beaker  glass sedikit demi sedikit
       Aduk ad homogen

     
Dicampurkan pada beker glass    
Aduk ad homogen 
Ditimbang naH2PO4.2H2O
Ditimbang na2HPO4.2H2O      
Dimasukkan ke dalam campuran dalam beker glass
Dilarutkan dg aquadest  Ad larut aduk ad homogen
Ditambhakan pewarna dan perasa secukupnya

Dimasukkan kedalam botol yang telah dikalibrasi

Dikocok ad homogen

Diberi etiket dan label



BAB VIII
 EVALUASI

8.1. Organoleptis
Formula Warna Rasa Bau
Syirup I Ungu Anggur Anggur
Syirup II Orange Jeruk Aroma jeruk
Syirup III Merah muda Strawberry Strawberry
Scale Up sirup Merah muda Strawberry Strawberry
Drop I Ungu Anggur Anggur
Drop II Hijau Melon Aroma Melon
Drop III Orange Jeruk Aroma jeruk
Scale Up Drop Ungu Anggur Anggur

8.2. Penetapan pH
Alat : pH meter
Prosedur :
a. Ambil pH meter, buka penutup KCl jenuh
b. Bilas elektrode dengan aquadest, lalu keringkan dengan kertas tisu halus.
c. Kalibrasi pH meter dengan larutan pH standar
d. Bilas elektrode dengan aquadest, lalu keringkan dengan kertas tisu halus.
e. Tuang sediaan dalam gelas beker ± 60 ml
f. Celupkan elektrode kedalam sediaan ad terbenam
g. Baca dan catat pH yang tertera pada alat
Hasil penetapan pH
Formula pH
Syirup I 5,0
Syirup II 4,77
Syirup III 5,50
Scale Up Sirup 5,40
Drop I 5,20
Drop II 5,00
Drop III 6,50
Scale Up Drop 6,40


8.3. Berat jenis
Alat : Piknometer dan timbangan analitik. 
Prosedur
a. Bersihkan piknometer
b. Dinginkan piknometer ad suhu 20°C
c. Timbang piknometer kosong catat hasil penimbangan sebagai W1
d. Isilah piknometer dengan aquadest ad penuh lalu timbang pada suhu 20°C dan catat hasil penimbangan sebagai W2 aquadest.
e. Dibuang air dalam piknometer kemudian isilah piknometer dengan larutan uji ad penuh lalu timbang pada suhu 20°C dan catat hasil penimbangan sebagai W2 larutan. Lakukan sebanyak 3x pada masing-masing larutan uji.
f. Hitung berat jenis masing-masing dengan memasukkan data yang diperoleh dalam rumus, kemudian dirata-rata dan dicari standart deviasinya

Rumus berat jenis :      
Keterangan :
= berat jenis
V = volume piknometer
W1 = berat piknometer kosong
W2 = berat piknometer + sediaan
Hasil penetapan BJ
Formula Pikno Kosong Pikno + Isi Isi BJ
Aquadest 32,91 57,43 24, 52 0,9960 g/ml
Syirup I 32,91 59,70 26,79 1,0881 g/ml
Syirup II 32,91 59,74 26,83 1,0898 g/ml
Syirup III 32,91 59,77 26,86 1,0910 g/ml
Rata-rata 1,0896 g/ml
Drop I 32,91 62,39 29,48 1,1974 g/ml
Drop II 32,91 62,48 29,57 1,2011 g/ml
Drop III 32,91 62,50 29,59 1,2019 g/ml
Rata-rata 1,2001 g/ml

o BJ Scale Up Sirup : 1,09 g/ml
o BJ Scale Up Drop : 1,20 g/ml

8.4. Viskositas
Alat : Viskosimeter Cap and Bob
Cara kerja
a. Cuci alat viskometer cap and bob dengan aquadest dan keringkan menggunakan tisu.
b. Masukkan zat uji sebanyak 100 ml ke dalam viskometer.
c. Pasang pengaduk (paddle 3) pada rotor viskometer.
d. Pastikan jarum pembaca skala pada posisi nol.
e. Pilih skala terkecil yang ada pada alat.
f. Tekan tombol on untuk memutar rotor
Hasil penetapan viskositas
Formula Viskometer
Syirup I 16 cps
Syirup II 18 cps
Syirup III 12 cps
Scale Up Sirup 10 cps
Drop I 34 cps
Drop II 36 cps
Drop III 30 cps
Scale Up Drop 30 cps



DAFTAR PUSTAKA
Darsono, Lusiana. 2002. Diagnosis dan Terapi Intoksikasi Salisilat dan Paracetamol. Jurnal Kimia Vol. 2, No. 1.
Departemen Kesehatan RI. 1995. Farmakope Indonesia ed IV. Departemen Kesehatan Republik Indonesia : Jakarta
Departemen Kesehatan RI 2015. Farmakope Indonesia ed V. Departemen Kesehatan Republik Indonesia : Jakarta
Gani swara, S.G. 1995. Farmakologi dan terapi. ed IV. Bagian Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia : Jakarta
Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia. 2008. ISO Indonesia volume 43 : Jakarta
Katzung, Bertram G et al. 2014. Farmakologi Dasar dan Klinik. Buku Kedokteran EGC. Jakarta.
Raymond C. Rowe, Paul J shesky, Sian C owen. 2006. Handbook of Phamaceutical Excipients. 5th ed. the Pharmaceutical Press : London
Raymond C. Rowe, Paul J Shesky, Sian C owen. 2009. Handbook of Pharmaceutical Excipients. 6th ed. The Pharmaceutical Press : London
Reynolds, J.E.F. 1982. Martindale The Extra Pharmacopoeia. 28th ed. the Pharmaceutical Press. London. hal 268
Sartono., 1993. Pengaruh Pemberian Dosis Tunggal Parasetamol Terhadap Komposisi Metabolit Parasetamol Dalam Urin Tikus Jantan Malnutrisi. Dalam: Darsono, I., 2002. Diagnosis dan Terapi Intoksikasi Salisilat dan Parasetamol. Available From: http://cls.maranatha.edu. (Accesed: 31st March 2011)
Sean C sweetman. 2009. Martindale Thirty-six edition the complete Drug Reference. The Pharmaceutical Press : London
Wilmana, P.F. 1995. Analgesik-antipiretik Analgesik Anti-Inflamasi Nonsteroid dan Obat Pirai. Dalam: Farmakologi dan Terapi. Edisi keempat. Jakarta: FK UI Press. Hal. 214-215.

Baca Juga :
  1. Laporan Pengaruh  Temperatur Terhadap Kecepatan Disolusi
  2. Laporan Pengaruh Temperatur Terhadap Kelarutan Zat (Lengkap)
  3. Laporan Uji Stabilitas Lengkap Farmasi
  4. Laporan Viskositas Dan Reologi (Viskometer Brookfield) Lengkap

0 Response to "Laporan Sirup dan Drop Paracetamol Lengkap Docx"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2