Interaksi Obat Amoksisilin Dan Antasida

Interaksi Obat Amoksisilin Dan Antasida - Salam farmasi indonesia, kali ini saya akan membagikan pengetahuan saya ketika saya belajar metabolisme obat, mengenai interaksi obat. Langsung saja berikut penjelasannya.

Antasida dan Amoksisilin

Antasida


Amoksisilin merupakan obat antibiotik / antibakteri yang berguna untuk mematikan, atau menghambat bakteri yang berkembangbiak di dalam tubuh. Ketika ada luka atau paska operasi dokter akan menyarankan atau di pastikan akan disuruh meminum obat antibiotik. Di dimaksudkan supaya tidak ada bakteri yang tumbuh, dimana jika tidak di hambat bakteri akan menjadi inpeksi pada luka. Sifat dari antibiotik sendiri akan menjadi resistensi, dimana bakteri tidak dapat terbunuh oleh obat antibiotik yang sama. Hal ini terjadi karena, meminum obat yang tidak rutin dan tidak sampai habis, sehingga masih ada baktei yang masih hidup dan bakteri menjadi kebal. Sifat lain dari amoksisilin ialah tidak tahan oleh pH yang basa. Obat amoxsisilin terabsorpsi di lambung.


Antasida adalah obat berkhasiat untuk penyakit maag, dimana cara kerjanya menurunkun pH dalam lambung sehingga pH di lambung menjadi netral dan melapisi mukosa di lambung, supaya tidak iritasi oleh asam lambung. Dengan itu sifat antasida ialah bersifat basa.

Dengan melihat sifat dari kedua obat, memiliki sifat pH yang lawanan, jadi ketika obat amoksisilin di kombinasikan langsung dengan obat antasida maka kerja dari amoksisilan tidak maksimak bahkan tidak dapat berkhasiat, oleh karena itu janga. Memakan obat antibiotik dan antasida secara bersamaan. Ketika di beri resep oleh dokter, dokter menyarankan obat antasida akan di makan terlebih dahulu sebelum makan, lalu memakan obat antibiotik. Hal ini bertujuan obat antasida melapisi mukasa, lalu di seling oleh makan dan lalu makan antibiotik sehingga obat antibioti dapat bekerja secara maksimal.

Ada juga dokter yang menyarankan obat antibiotik di makan terlebih dahulu lalu selang beberapa menit (biasanya 30 menit) baru memakan obat antasida, untuk menurunkan pH di lambung. Sehingga tidak timbul penyakit maag atau rasa perih di lambung.

Sekian artikel pendek dari saya, semoga dapat bermanfaat, mohon maaf bila ada kesalahan. Terimakasih telah berkunjung.

Baca Juga :
  1. Pengalaman Praktikum Anfisman Farmasi
  2. Pengalaman Seru Patah Tulang Sampai Sembuh
  3. Puisi Metabolism Lipid oh Lemak
  4. Penyakit Diabetes Mellitus Lengkap Docx

0 Response to "Interaksi Obat Amoksisilin Dan Antasida"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2