Fungsi Dan Kegunaan Pereaksi Molisch

[ Fungsi Dan Kegunaan Pereaksi Molisch ]


Kegunaan Pereaksi Molisch


                Pereaksi Molisch digunakan dalam uji Molisch (Molisch berasal dari nama ahli botani Austria, yaitu Hans Molisch) ialah suatu uji kimia yang sensitif untuk mengetahui adanya karbohidrat, berdasarkan pada dehidrasi karbohidrat oleh asam sulfat untuk menghasilkan aldehid, yang berkondensasi dengan dua molekul fenol (biasanya alfa-naftol, meskipun fenol lain (misalnya resorsinol, timol) juga memberikan hasil berwarna), yang menghasilkan suatu senyawa berwarna merah atau ungu.
                Semuakarbohidrat-monosakarida, disakarida, dan polisakarida akan memberikan reaksi positif, dan asam nukleat dan glikoprotein juga memberikan reaksi positif,karena semua senyawa tersebut akhirnya terhidrolisis menjadi monosa karida oleh asam mineral kuat. Pentose kemudian terhidrasi menjadi furfural, sedangkan heksosaterhidrasi menjadi 5-hidroksi-metilfurfural. Salah satu dari aldehida ini, jika ada, akan berkondensasi dengan dua molekul naftol untuk membentuk produk berwarna ungu.

          
KomposisiPereaksiMolisch



Reagen ini terdiri dari alfa-naftol dan alkohol atau kloroform.


Cara Pembuatan Pereaksi Molisch


A.      a - naftol 5%
               a - naftol 0,5 g dan 20 mL etanol 95%
  • cara pembuatan : 
  • larutkan a – naftol 0,5 g 
  • kedalam 20 mL etanol 95%, 
  • aduk hingga larut dan masukkan kedalam botol berwarna gelap

B.       a – naftol 10%
        a – naftol 10 g dan alkohol atau kloroform 100 mL

carapembuatan : 
  • campurkan a – naftoldengan alcohol atau kloroform, 
  • kocok hingg ahomogen, 
  • kemudian didiamkan beberapa menit dan saring.

Cara uji kualitas Pereaksi Molisch



            Larutan ujii nidikombinasikan dengan sejumlah kecil reagen Molisch (a-naftoldilarutkan dalam etanol atau kloroform) dalam sebuah tabung reaksi.Setelah bercampur, sejumlah kecil asam sulfat pekat dengan perlahan ditambahkan melalui dinding kedalam tabung reaksi yang dimiringkan, tanpapengadukan, yang membentuk suatu lapisan di dasartabung.Reaksi dikatakan positif jika ditunjukkan oleh penampilan cincin ungu pada antar muka antara lapisan asam dan lapisan uji.


0 Response to "Fungsi Dan Kegunaan Pereaksi Molisch"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2