Penyakit Gout (Penyebab, Pencegahan, Obat) Lengkap

Penyakit Gout (Penyebab, Pencegahan, Obat) Lengkap- pada artikel ini membahasa tentang penyakit yang sering menerang pada orang yang telah lanjur usia yaitu penyakit gout atau asam urat berikut penjelasannya : Penyakit Abses Abdomen Lengkap Gambar

Apa itu Gout?

Gout adalah salah satu gangguan medis yang paling sering direferensikan dalam sejarah umat manusia. Gout adalah hasil dari kelainan kemampuan tubuh untuk memproses asam urat. Asam urat terbentuk karena terlalu banyak asupan asam urat (dari makanan kaya seperti coklat, makanan laut, atau anggur merah) atau ketidakmampuan tubuh untuk memprosesnya. Asam urat kemudian mengkristal pada sendi - terutama jari-jari kaki, pergelangan kaki, tangan dan pergelangan tangan - menyebabkan peradangan yang menyakitkan dari serangan gout (arthritis gout). Dalam kasus yang parah, peningkatan asam urat dapat menyebabkan batu ginjal dan penyumbatan pada sistem penyaringan ginjal (tubulus), dan kerusakan permanen pada ginjal atau bahkan gagal ginjal.
Artritis gout adalah kondisi yang menyakitkan yang dihasilkan dari kristal asam urat yang tersimpan dalam jaringan sendi, menyebabkan serangan peradangan sendi (arthritis).

Siapa yang Terkena Gout?

Gout lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Hal ini juga lebih umum di kemudian hari dengan sebagian besar pasien mengalami serangan setelah usia 50 tahun. Jika orang tua Anda memiliki asam urat maka Anda juga berisiko tinggi terkena asam urat.

Apa Faktor Risiko Gout?

Faktor risiko untuk gout meliputi:
  • Kegemukan
  • Penambahan berat badan berlebihan
  • Asupan alkohol sedang hingga berat
  • Tekanan darah tinggi
  • Fungsi ginjal tidak normal
Beberapa obat seperti diuretik (pil air), dan memiliki hormon tiroid yang rendah juga bisa menjadi faktor risiko untuk mendapatkan serangan gout.

Apa Gejala Gout?

Sendi besar di pangkal jempol kaki (sendi metatarsalphylangeal pertama) adalah tempat yang paling umum untuk serangan asam urat, namun sendi lain dapat terpengaruh. Yang paling sering terkena sendi lainnya adalah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku.
Pasien dengan serangan asam urat menderita onset nyeri yang cepat pada sendi yang terkena diikuti oleh pembengkakan, kemerahan, dan kelembutan yang parah. Beberapa mengalami rasa sakit yang begitu hebat sehingga bahkan sentuhan ringan sprei pada sendi sangat menyiksa. Serangan-serangan yang menyakitkan ini bisa berlangsung dari jam hingga beberapa hari. Dalam kasus peradangan kronis, serangan dapat berlangsung selama berminggu-minggu. Sayangnya, pasien dengan gout berisiko mengalami serangan gout berulang.

Gout (Big Toe)

Sendi besar di pangkal jempol kaki (sendi metatarsalphylangeal pertama) adalah tempat yang paling umum untuk serangan asam urat tetapi sendi lain yang sering terkena adalah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari, dan siku.

Gout (Fingers)

Gumpalan jaringan yang meradang dapat terbentuk di sendi dengan serangan gout berulang atau kasus yang berkepanjangan. Benjolan ini disebut tophi.

Gout (Elbow)

Beberapa sendi tubuh yang lebih besar memiliki kantung berisi cairan di sekelilingnya yang bertindak sebagai penyerap kejut yang disebut bursa. A bursa juga membantu dengan mekanisme gerakan sendi. Jika gout menyebabkan peradangan dan pembengkakan di bursa, itu disebut bursitis.

Prosedur Apa yang Digunakan untuk Mendiagnosis Artritis Gout?

Gout biasanya didiagnosis oleh dokter berdasarkan lokasi sendi yang meradang dan riwayat memiliki serangan nyeri dan pembengkakan non-traumatik yang serupa. Tes yang paling dapat diandalkan (tetapi tidak selalu diperlukan) untuk mengkonfirmasikan asam urat adalah artrosentesis. Arthrocentes adalah prosedur dimana cairan ditarik (disedot) dari sendi yang meradang dengan jarum dan syringe, menggunakan teknik steril dan anestesi lokal seperti lidocaine. Cairan dikirim ke laboratorium di mana dianalisis untuk keberadaan kristal asam urat.

Bagaimana Gout Didiagnosis?

Cairan ditarik oleh arthrocentesis dianalisis di laboratorium di bawah mikroskop untuk kehadiran kristal asam urat. Analisis cairan juga bisa menyingkirkan penyebab peradangan lain termasuk infeksi bakteri.

Seperti Apa Kristal Asam Urat?

Jarum seperti kristal asam urat paling baik dilihat dengan mikroskop.
Kristal asam urat

Bagaimana Serangan Gout Dicegah?

Tetap terhidrasi dengan baik adalah cara terbaik untuk mencegah serangan asam urat. Minum banyak air sepanjang hari. Hidrasi yang tepat juga menurunkan risiko batu ginjal atau disfungsi ginjal sebagai akibat dari asam urat bawaan.
Hindari alkohol atau hanya minum dalam jumlah yang sangat moderat jika Anda pernah mengalami serangan asam urat di masa lalu. Alkohol memengaruhi metabolisme tubuh asam urat dan dapat menyebabkannya (hyperuricemia). Jika kadar asam urat menumpuk di dalam sistem Anda maka dapat memicu serangan asam urat di persendian Anda.

Teknik Pencegahan Tambahan

Makanan yang kaya purin seperti kerang atau daging organ (hati, ginjal, otak, roti manis) dapat menyebabkan serangan asam urat. Tubuh mengubah purin menjadi asam urat, yang pada gilirannya menyebabkan serangan asam urat.
Penurunan berat badan secara keseluruhan juga merupakan cara untuk menghindari serangan asam urat. Diet rendah lemak dan kalori, dikombinasikan dengan latihan teratur dapat membantu mengurangi kemungkinan serangan asam urat.

Apa Perawatan Medis untuk Gout?

Gout adalah kondisi yang sangat menyakitkan. Penghilang rasa sakit dan obat anti-inflamasi adalah andalan perawatan untuk asam urat. Obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID), colchicine (Colcrys), dan kortikosteroid digunakan untuk mengurangi peradangan sendi.
Obat-obatan lain seperti probenesid (yang membantu tubuh mengeluarkan asam urat berlebih) dan allopurinol (Zyloprim, Aloprim), (yang menurunkan jumlah asam urat yang terbentuk oleh tubuh) digunakan untuk mengelola gangguan metabolisme yang mendasari yang menyebabkan hiperurisemia dan asam urat. Obat-obatan ini menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Apa Masa Depan untuk Gout?

Penelitian sedang berlangsung untuk menemukan strategi baru untuk mencegah gout. Obat baru sedang dikembangkan untuk menjaga tubuh dari memiliki kadar asam urat tinggi dan mengurangi kemungkinan serangan asam urat yang menyakitkan.

Baca Juga :
  1. Penyakit Akalasia (Kardiospasme, Esophageal Aperistaltis, Megaesofagus) Lengkap Gambar
  2. Penyakit Akromegali Lengkap Gambar

0 Response to "Penyakit Gout (Penyebab, Pencegahan, Obat) Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2