Penyakit Kanker Kulit Lengkap

Apa itu kanker kulit?

kanker kulit

Sebagian besar kanker kulit adalah kanker lokal yang bersifat merusak ( ganas ) pertumbuhan kulit. Mereka berasal dari sel-sel epidermis , lapisan superfisial kulit. Tidak seperti melanoma ganas kulit , sebagian besar jenis kanker kulit jarang menyebar ke bagian lain dari tubuh ( bermetastasis ) dan menjadi mengancam jiwa.
Ada tiga jenis utama kanker kulit : (1) karsinoma sel basal (yang paling umum), (2) karsinoma sel skuamosa (yang paling umum kedua), yang berasal dari sel-sel kulit, dan (3) melanoma , yang berasal dari sel kulit penghasil pigmen (melanosit) tetapi kurang umum, meskipun lebih berbahaya, dari dua varietas pertama. Bentuk lain kanker kulit yang langka termasuk limfoma , kanker sel Merkel, dan kanker jaringan lain di kulit, termasuk sarkoma serta tumor kelenjar rambut dan keringat. Dalam artikel ini, kami hanya akan meninjau bentuk paling umum dari kanker, karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa.

Apa faktor risiko untuk kanker kulit?

Faktor risiko paling umum untuk kanker kulit adalah sebagai berikut.
  • Paparan sinar ultraviolet, baik dari matahari atau dari tanning bed. Individu berkulit cerah, dengan mata cokelat atau biru, dan orang-orang berambut pirang atau merah sangat rentan. Masalahnya lebih buruk di daerah elevasi tinggi atau dekat khatulistiwa di mana paparan sinar matahari lebih intens.
  • Sistem imun yang ditekan kronis (imunosupresi) dari penyakit yang mendasarinya seperti infeksi HIV / AIDS atau kanker , atau dari beberapa obat seperti prednisone atau kemoterapi
  • Paparan radiasi pengion sinar-X ) atau bahan kimia yang diketahui dapat menyebabkan kanker seperti arsenik
  • Beberapa jenis infeksi virus kutil yang didapat secara seksual
  • Orang yang memiliki riwayat satu kanker kulit memiliki 20% kemungkinan terkena kanker kulit kedua dalam dua tahun ke depan.
  • Pasien lansia memiliki lebih banyak kanker kulit.

Apakah kanker kulit turun-temurun?

Karena sebagian besar kanker kulit disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet, kanker kulit umumnya tidak dianggap sebagai warisan . Tetapi fakta bahwa kanker kulit jauh lebih umum di antara individu berpigmen buruk dan bahwa warna kulit diwariskan tidak mendukung proposisi bahwa genetika sangat penting. Ada beberapa sindrom genetik yang sangat langka yang mengakibatkan peningkatan jumlah kanker kulit pada mereka yang terkena.

Apa yang menyebabkan kanker kulit?

Kecuali dalam kasus yang jarang, kebanyakan kanker kulit muncul dari mutasi DNA yang disebabkan oleh sinar ultraviolet yang mempengaruhi sel-sel epidermis. Banyak dari kanker-kanker awal ini tampaknya dikendalikan oleh pengawasan kekebalan alami, yang ketika dikompromikan, dapat memungkinkan pengembangan massa sel-sel ganas yang mulai tumbuh menjadi tumor.

Apa jenis kanker kulit yang berbeda ?

Ada beberapa jenis kanker kulit:
  • Karsinoma sel basal adalah kanker paling umum pada manusia. Lebih dari 1 juta kasus baru karsinoma sel basal didiagnosis di AS setiap tahun. Ada beberapa jenis karsinoma sel basal, termasuk tipe dangkal, jenis yang paling tidak mengkhawatirkan; tipe nodular, yang paling umum; dan morfeaform, yang paling menantang untuk diobati karena tumor sering tumbuh ke jaringan di sekitarnya (infiltrasi) tanpa batas yang jelas.
  • Karsinoma sel skuamosa menyumbang sekitar 20% dari semua kanker kulit tetapi lebih sering terjadi pada orang dengan imunosupresi. Dalam banyak kasus, perilaku biologisnya mirip seperti karsinoma sel basal dengan peluang kecil namun signifikan dari penyebaran jauh.
  • Kurang umum kanker kulit termasuk melanoma , karsinoma sel Merkel , fibroxanthoma atipikal, limfoma kulit , dan dermatofibrosarcoma.

Apa saja tanda dan gejala kanker kulit?

Sebagian besar karsinoma sel basal memiliki sedikit gejala. Karsinoma sel skuamosa mungkin menyakitkan. Kedua bentuk kanker kulit dapat muncul sebagai sakit yang berdarah, merembes, kerak, atau sebaliknya tidak akan sembuh. Mereka mulai sebagai benjolan yang tumbuh lambat pada kulit yang mungkin berdarah setelah trauma ringan Kedua jenis kanker kulit mungkin memiliki tepi yang meninggi dan ulserasi sentral.
Tanda dan gejala karsinoma sel basal meliputi:
  • Munculnya benjolan berwarna merah jambu, merah, pear, atau bening mengkilat
  • Pertumbuhan atau lesi kulit berwarna merah muda dengan batas yang dibesarkan yang berkerut di tengah
  • Membesarkan kulit berwarna kemerahan yang mungkin berkerak atau gatal , tetapi biasanya tidak menyakitkan
  • Area putih, kuning, atau berlilin dengan batas yang tidak jelas yang mungkin menyerupai bekas luka
Tanda dan gejala karsinoma sel skuamosa meliputi:
  • Bintik-bintik merah yang terus-menerus dan bersisik dengan batas-batas tidak beraturan yang dapat mudah berdarah
  • Buka luka yang tidak hilang selama berminggu-minggu
  • Pertumbuhan yang meningkat dengan permukaan kasar yang menjorok di tengah
  • Pertumbuhan seperti kutil
Actinic keratoses (AK), juga disebut keratosis matahari, bersisik, lesi berkerak yang disebabkan oleh kerusakan dari sinar ultraviolet, sering di daerah wajah, kulit kepala , dan punggung tangan. Ini dianggap prekursor karena jika tidak diobati, hingga 10% keratosis aktinik dapat berkembang menjadi karsinoma sel skuamosa.

Kapan mol berbahaya atau berisiko tinggi untuk menjadi kanker kulit?

Tahi lalat hampir selalu tidak berbahaya dan hanya sangat jarang berubah menjadi kanker kulit. Jika tahi lalat menjadi kanker, itu akan menjadi melanoma. Ada tahap pra - kanker , yang disebut nevus displastik , yang agak lebih tidak teratur daripada tahi lalat normal. Tanda awal melanoma adalah melihat perbedaan pada tahi lalat: asimetri, batas tidak teratur, perubahan warna, diameter yang meningkat, atau perubahan lain yang berkembang dapat menandakan bahwa tikus adalah melanoma. Moles tidak pernah menjadi karsinoma sel skuamosa atau karsinoma sel basal.

Situs apa yang paling umum di mana kanker kulit berkembang?

Kanker kulit biasanya muncul di daerah kulit yang terkena matahari berulang kali selama bertahun-tahun seperti pada wajah dan hidung, telinga, belakang leher, dan daerah botak di kulit kepala. Yang kurang umum, tumor ini dapat muncul di situs dengan paparan sinar matahari yang terbatas seperti punggung, dada, atau ekstremitas. Namun, kanker kulit dapat terjadi di mana saja pada kulit.

Bagaimana dokter mendiagnosa kanker kulit?

Pemeriksaan kulit oleh dokter kulit adalah cara untuk mendapatkan diagnosis pasti dari kanker kulit. Dalam banyak kasus, penampilan saja sudah cukup untuk membuat diagnosis.
Sebuah biopsi kulit biasanya digunakan untuk mengkonfirmasi kecurigaan kanker kulit. Ini dilakukan dengan mematikan area di bawah tumor dengan anestesi lokal seperti lidokain . Sebagian kecil tumor diiris dan dikirim untuk diperiksa oleh ahli patologi, yang melihat jaringan di bawah mikroskop dan membuat diagnosis berdasarkan karakteristik tumor.

Apa stadium untuk kanker kulit?

Tidak ada sistem pementasan spesifik untuk karsinoma sel basal. Jika tumor lebih lebar dari 2 cm (sekitar diameter ¾ inci), itu mungkin tumor yang lebih serius. Karsinoma sel basal telinga, hidung, dan kelopak mata juga mungkin lebih memprihatinkan, terlepas dari ukurannya.
Ada sistem pementasan untuk karsinoma sel skuamosa. Tumor besar yang lebih tebal dari 2 mm, menyerang struktur saraf kulit, terjadi di telinga, dan memiliki karakteristik mengkhawatirkan tertentu di bawah mikroskop yang lebih memprihatinkan. Jika tumor bermetastasis ke suatu tempat pada jarak tertentu dari tumor primer , kanker kemungkinan adalah tumor yang berbahaya.

Apa pengobatan untuk kanker kulit?

Ada beberapa cara efektif untuk mengobati kanker kulit. Pilihan terapi tergantung pada lokasi dan ukuran tumor, karakteristik mikroskopis kanker, dan kesehatan umum pasien.
  • Obat topikal: Dalam kasus karsinoma sel basal superfisial, beberapa krim, gel, dan solusi dapat digunakan, termasuk imiquimod ( Aldara ), yang bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh yang menyebabkannya menghasilkan interferon yang menyerang kanker, dan fluorouracil ( 5-FU), obat kemoterapi. Beberapa pasien tidak mengalami efek samping dari perawatan topikal ini, tetapi yang lain mungkin mengalami kemerahan, peradangan, dan iritasi. Kekurangan obat topikal adalah bahwa tidak ada jaringan yang tersedia untuk diperiksa untuk menentukan apakah tumor diangkat sepenuhnya.
  • Penghancuran oleh elektrodessikasi dan kuretase (EDC): Daerah tumor mati rasa dengan anestesi lokal dan berulang kali dikeruk dengan instrumen tajam (kuret), dan ujungnya kemudian dibakar dengan jarum listrik. Keuntungan dari metode ini adalah cepat, mudah, dan relatif murah. Kerugiannya adalah bekas luka ini sering agak tidak sedap dipandang, dan tingkat kekambuhan setinggi 15%.
  • Eksisi bedah: Daerah di sekitar tumor mati rasa dengan anestesi lokal. Bagian jaringan berbentuk bola termasuk tumor kemudian diangkat dan kemudian ujung-ujung luka ditutup dengan jahitan . Untuk tumor yang sangat besar, cangkokan atau flap kulit diperlukan untuk menutup defek. Keuntungan dari bentuk perawatan ini adalah bahwa ada angka kesembuhan yang lebih besar dari 90%, spesimen bedah dapat diperiksa untuk memastikan bahwa seluruh tumor berhasil diangkat, dan bekas luka yang dihasilkan biasanya lebih dapat diterima secara kosmetik dibandingkan dengan EDC. prosedur. Ini adalah prosedur yang lebih rumit dan lebih mahal daripada EDC.
  • Bedah mikrografi Mohs: Tempat ini dianestesi secara lokal dan dokter bedah mengangkat tumor yang terlihat dengan margin kecil jaringan normal. Jaringan segera dievaluasi di bawah mikroskop dan area yang menunjukkan sisa keterlibatan tumor mikroskopis dieksisi ulang dan margin diperiksa ulang. Siklus ini berlanjut sampai tidak ada tumor lebih lanjut terlihat. Pilihan yang lebih rumit dan mahal ini adalah pilihan perawatan untuk tumor di mana pelestarian jaringan normal sangat penting, di mana margin tumor tidak terdefinisi dengan baik, pada tumor yang sebelumnya telah diobati dan telah kambuh lagi, dan pada tumor berisiko tinggi tertentu.
  • Terapi radiasi : Sepuluh hingga lima belas sesi perawatan memberikan dosis radiasi yang tinggi ke tumor dan area kulit kecil di sekitarnya. Bentuk perawatan ini berguna bagi mereka yang bukan kandidat untuk prosedur bedah. Keuntungan dari terapi radiasi adalah tidak ada pemotongan yang terlibat. Kerugian dari alternatif yang mahal ini adalah bahwa area yang dirawat tidak dapat diuji untuk memastikan seluruh tumor hilang dan bekas-bekas radiasi terlihat lebih buruk dari waktu ke waktu. Untuk alasan inilah biasanya digunakan untuk pasien lanjut usia.
  • Jenis perawatan lain untuk kanker kulit termasuk cryosurgery di mana jaringan dihancurkan oleh pembekuan, terapi photodynamic (PDT) di mana obat dan cahaya biru digunakan untuk menghancurkan jaringan kanker, operasi laser menguapkan (mengaburkan) lapisan atas kulit dan menghancurkan lesi, dan obat oral vismodegib (Erivedge) dan sonidegib (Odomzo).

Apa jenis dokter yang mengobati kanker kulit?

Jenis utama dokter yang akan mengobati kanker kulit adalah dokter kulit. Dokter perawatan primer atau internis Anda mungkin pertama kali melihat tanda kanker kulit, tetapi akan merujuk Anda ke dokter kulit untuk pengujian dan perawatan lebih lanjut. Anda mungkin juga menemui ahli onkologi, yang merupakan spesialis kanker.
Jika Anda melakukan operasi pengangkatan tumor, tergantung pada seberapa banyak kulit dihilangkan, Anda mungkin melihat dokter bedah plastik atau rekonstruktif setelah pengangkatan tumor untuk membantu mengembalikan penampilan kulit, terutama pada wajah.

Apa prognosis dan tingkat kelangsungan hidup untuk kanker kulit?

Prognosis untuk kanker kulit nonmelanoma umumnya sangat baik. Karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa sangat dapat disembuhkan. Hampir tidak ada kematian akibat karsinoma sel basal dan hanya kematian yang jarang terjadi pada kanker kulit karsinoma sel skuamosa, kebanyakan pada individu dengan imunosupresi. Tergantung pada metode perawatan dan lokasi dan jenis kanker kulit, kemungkinan kambuhnya kanker kulit yang sebelumnya diobati adalah serendah 1% hingga 2% untuk operasi Mohs dan hingga 10% hingga 15% untuk dihancurkan oleh elektrodessikasi. dan kuret.
Deteksi dini kanker kulit dapat mengarah pada hasil yang lebih baik. Kenali kulit Anda dan jika Anda memiliki tahi lalat atau bintik yang mencurigakan, kunjungi dokter kulit untuk melakukan skrining kanker kulit Kesadaran adalah kunci dalam mengidentifikasi dan mengobati kanker kulit sejak dini.

Mungkinkah mencegah kanker kulit?

Banyak kanker kulit dapat dicegah dengan menghindari pemicu yang menyebabkan tumor berkembang. Strategi pencegahan termasuk perlindungan dari matahari dengan menggunakan tabir surya, pakaian pelindung, dan penghindaran matahari selama jam-jam sibuk 9 pagi hingga 3 sore. Orangtua harus memastikan bahwa anak-anak terlindung dari matahari. Jangan gunakan tanning bed, yang merupakan penyebab utama paparan sinar ultraviolet yang berlebihan dan faktor risiko yang signifikan untuk kanker kulit. Akademi Dermatologi Amerika (AAD) telah mencatat peningkatan dramatis dalam jumlah dan biaya kanker kulit. Selain itu, telah terjadi peningkatan dalam jumlah total kanker kulit dan bahwa perawatan terobosan baru untuk melanoma, walaupun mahal, hanya mencakup sebagian kecil dari total biaya perawatan kanker kulit.

Penggunaan tabir surya dan vitamin D

Sumber utama vitamin D berasal dari paparan sinar matahari, yang mengarah pada produksi vitamin di kulit. Beberapa berpendapat tabir surya memblokir begitu banyak sinar matahari yang hasil sintesis vitamin D tidak memadai Bahkan, sangat sedikit orang yang benar-benar mengaplikasikan tabir surya ke setiap inci kulit mereka yang terbuka, sehingga sintesis vitamin D benar-benar terjadi.

Baca Juga :
  1. Penyakit Kanker Kandung Kemih Lengkap - New !!
  2. Penyakit Kanker Payudara Lengkap - New !!
  3. Penyakit Kanker Serviks Lengkap - New !!

0 Response to "Penyakit Kanker Kulit Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2