Penyakit Kolestrol Lengkap

Penyakit Kolestrol Lengkap - hai berjumpa lai dengan saya si anak farmasi, kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang mungkin kalian cari mengenai penyakit kolestrol yang insyaallah lengkap saya mengambil sumber dari site luar jadi saya tidak asal dalam membagikan sebuah materi.

Penyakit Kolestrol Lengkap penyakit kolestrol ini terjadi ketika lemak jenis LDL nya tinggi atau lemak jahat dalam tubuh nya tinggi, jika dibiarkan akan terjadi penumpukan seperti pada gambar di bawah yang pada akhirnya akan terjadi yang namanya struk bahkan bisa sampai kematian. untuk lebih lengkapnya mengenai kolestrol kalian bisa cara seebagai berikut :


Penyumbatan kolestrol

Apa itu kolesterol?

Kolesterol adalah senyawa kimia yang dibutuhkan tubuh sebagai blok bangunan untuk membran sel dan untuk hormon seperti estrogen dan testosteron. The hati menghasilkan sekitar 80% dari kolesterol tubuh dan sisanya berasal dari sumber makanan seperti daging, unggas, telur, ikan, dan produk susu. Makanan yang berasal dari tumbuhan tidak mengandung kolesterol.
Kandungan kolesterol dalam aliran darah diatur oleh hati. Setelah makan, kolesterol dalam makanandiserap dari usus kecil dan dimetabolisme dan disimpan di hati. Karena tubuh membutuhkan kolesterol, ia mungkin disekresikan oleh hati.
Ketika terlalu banyak kolesterol hadir di dalam tubuh, itu bisa menumpuk di deposito yang disebut plak di sepanjang dinding bagian dalam arteri, menyebabkannya menyempit.

Apa jenis kolesterol yang berbeda?

Kolesterol tidak berjalan bebas melalui aliran darah. Sebaliknya, itu melekat atau dibawa oleh lipoprotein (lipo = lemak) di dalam darah. Ada tiga jenis lipoprotein yang dikategorikan berdasarkan seberapa banyak protein yang ada dalam kaitannya dengan jumlah kolesterol.
Low-density lipoproteins (LDL) mengandung rasio kolesterol yang lebih tinggi terhadap protein dan dianggap sebagai kolesterol “jahat”. Peningkatan kadar LDL lipoprotein meningkatkan risiko penyakit jantung , stroke , dan penyakit arteri perifer , dengan membantu membentuk plak kolesterol di sepanjang bagian dalam dinding arteri. Seiring waktu, karena penumpukan plak (penumpukan plak) meningkat, arteri menyempit (aterosklerosis) dan aliran darah menurun. Jika plak pecah, itu bisa menyebabkan gumpalan darah terbentuk yang mencegah aliran darah. Bekuan ini adalah penyebab serangan jantung atau infark miokard jika bekuan terjadi di salah satu arteri koroner di jantung.
High-density lipoproteins ( HDL ) terdiri dari tingkat protein yang lebih tinggi dan tingkat kolesterol yang lebih rendah. Ini cenderung dianggap sebagai kolesterol "baik". Semakin tinggi rasio HDL ke LDL, semakin baik bagi individu karena rasio tersebut berpotensi melindungi terhadap penyakit jantung , stroke , dan penyakit arteri perifer.
Lipoprotein dengan kepadatan sangat rendah (VLDL) mengandung lebih sedikit protein daripada LDL. VLDL seperti LDL telah dikaitkan dengan deposit plak.
Trigliserida (sejenis lemak) dapat meningkatkan plak mengandung kolesterol jika kadar LDL tinggi dan HDL rendah.
Total skor kolesterol adalah jumlah kolesterol HDL , kolesterol LDL dan 20% trigliseridasebagaimana ditentukan oleh tes darah. Skor yang tinggi menunjukkan peningkatan risiko untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular dan / atau stroke .
 Bagan Nomor Kolesterol LDL dan HDL
Bagan Nomor Kolesterol LDL dan HDL
Bagan milik National Institutes of Health.

Mengapa kolesterol tinggi berbahaya?

Peningkatan kadar kolesterol adalah salah satu faktor risiko untuk penyakit jantung , stroke , dan penyakit arteri perifer. Mekanisme yang melibatkan kolesterol di ketiga penyakit adalah sama; penumpukan plak dalam arteri menurun aliran darah mempengaruhi fungsi sel dan organ yang memasok pembuluh darah ini.
  • Penyakit jantung aterosklerotik atau arteri koroner yang menyempit di jantung dapat menyebabkan gejala angina , ketika otot jantung tidak diberikan oksigen yang cukup untuk berfungsi.
  • Penurunan suplai darah ke otak mungkin disebabkan oleh arteri kecil yang menyempit di otak atau karena arteri karotid yang lebih besar di leher mungkin menjadi tersumbat. Ini dapat menyebabkan serangan iskemik transien ( TIA ) atau stroke .
  • Penyakit arteri perifer menggambarkan penyempitan arteri secara bertahap yang menyuplai kaki. Selama latihan , jika kaki tidak mendapatkan suplai darah yang cukup, mereka dapat mengembangkan rasa sakit , yang disebut klaudikasio .
  • Arteri lain di dalam tubuh juga dapat dipengaruhi oleh penumpukan plak yang menyebabkannya menyempit, termasuk arteri mesenterika ke usus dan arteri ginjal ke ginjal.

Dari mana datangnya kolesterol?

Hati bertanggung jawab untuk mengatur kadar LDL dalam tubuh. Ini memproduksi dan mensekresi LDL ke dalam aliran darah. Ada reseptor pada sel hati yang dapat "memantau" dan mencoba menyesuaikan tingkat LDL. Namun, jika ada lebih sedikit sel hati atau jika mereka tidak berfungsi secara efektif, tingkat LDL akan meningkat.
Diet dan genetika keduanya memainkan faktor dalam tingkat kolesterol seseorang. Mungkin ada predisposisi genetik untuk hiperkolesterolemia familial (hiper = lebih banyak = kolesterol + emia = darah) di mana jumlah sel reseptor hati rendah dan kadar LDL meningkat yang menyebabkan potensi penyakit jantung atherosklerosis pada usia yang lebih muda.
Dalam diet, kolesterol berasal dari lemak jenuh yang ditemukan dalam daging, telur, dan produk susu. Asupan berlebih dapat menyebabkan kadar LDL dalam darah meningkat. Beberapa minyak sayur yang terbuat dari kelapa, palem, dan coklat juga mengandung lemak jenuh yang tinggi.

Apa tingkat normal kolesterol  ?

Tes darah diperlukan untuk mengukur kolesterol total dan lipoprotein. Untuk analisis lipoprotein lengkap, pasien harus berpuasa setidaknya selama 12 jam.
Program Pendidikan Kolesterol Nasional yang disahkan oleh American Heart Association menunjukkan panduan risiko berikut untuk tingkat kolesterol total, HDL, dan LDL:
Pedoman Risiko Kolesterol
Total Kolesterol (mg / dL)
<200Diinginkan
200 hingga 239Borderline tinggi
> 240Tinggi
HDL (mg / dL)
<40Rendah
> 60Tinggi
LDL (mg / dL)
<100Optimal
100 hingga 129Dekat Optimal
130 hingga 159Borderline tinggi
160 hingga 189Dekat tinggi
> 190Tinggi
Tujuannya adalah agar pasien memodifikasi gaya hidup dan diet untuk mempertahankan kadar kolesterol dalam kisaran normal. Penting untuk diingat bahwa HDL dapat melindungi pasien dari penyakit jantung dan mungkin merupakan tujuan pengobatan untuk menaikkan level HDL yang terlalu rendah.

Makanan apa yang bisa membantu menurunkan kolesterol?

  • The American Heart Association telah mengembangkan panduan diet untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Mungkin merupakan tantangan untuk membaca isi gizi pada kemasan makanan dan pada menu restoran atau untuk melakukan matematika, tetapi manfaatnya akan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.
  • Batasi total asupan lemak hingga kurang dari 25% hingga 35% dari total kalori Anda setiap hari.
  • Batasi asupan lemak jenuh hingga kurang dari 7% dari total kalori harian.
  • Batasi asupan lemak trans hingga kurang dari 1% dari total kalori harian.
  • Lemak yang tersisa harus berasal dari sumber lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang ditemukan dalam kacang dan biji yang tidak diasinkan, ikan (terutama ikan berminyak, seperti salmon, trout, dan herring, setidaknya dua kali per minggu) dan minyak nabati.
  • Batasi asupan kolesterol hingga kurang dari 300 mg per hari, bagi kebanyakan orang. Jika Anda memiliki penyakit jantung koroner atau kadar kolesterol LDL Anda 100 mg / dL atau lebih, batasi asupan kolesterol Anda hingga kurang dari 200 miligram sehari.
Beberapa kelompok makanan mungkin bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol secara langsung dan termasuk makanan dengan aditif sterol tanaman, makanan berserat tinggi seperti dedak, oatmeal, dan buah-buahan seperti apel dan pir, ikan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Beberapa makanan seperti kacang dan buah-buahan juga tinggi kalori, jadi moderasi selalu dianjurkan.

Obat apa yang tersedia untuk mengobati kolesterol tinggi?

Empat jenis kelas obat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol.
  • Statin : Berbagai obat statinada di pasaran termasuk simvastatin ( Zocor ), atorvastatin (Lipitor ), pravastatin (Pravachol), fluvastatin ( Lescol ), lovastatin ( Mevacor ), dan rosuvastatin( Crestor ). Obat-obatan ini terutama menurunkan LDL.
  • Niasin : Niaspan adalah bentuk resep niacin dan menurunkan LDL dan trigliserida serta meningkatkan HDL.
  • Resin asam empedu: Cholestyramine ( Questran ) adalah resin asam empedu dan menurunkan LDL.
  • Derivat asam fibrat: Fibric acid resin menurunkan LDL dan termasuk gemfibrozil ( Lopid ) dan fenofibrate ( Tricor ).
Statin adalah satu-satunya kelas obat penurun kolesterol yang secara langsung berkaitan dengan mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.
Alirocumab (Praluent) dan evolocumab (Repatha) adalah dua obat baru yang antibodi terhadap protein, PCSK9, reseptor untuk LDL. Obat-obat ini diindikasikan untuk pengobatan pada pasien yang telah mengalami serangan jantung atau stroke atau memiliki hiperkolesterolemia familial dan menggunakan terapi maksimum, tetapi terus memiliki kadar kolesterol LDL yang tinggi dalam darah mereka.
Anda dan dokter Anda akan membahas obat kolesterol apa yang tepat untuk Anda berdasarkan riwayat medis Anda saat ini dan masa lalu, kesehatan Anda saat ini, dan obat-obatan lain yang Anda pakai. Obat-obatan ini sering perlu disesuaikan dan dimonitor untuk efek samping.
Sementara semua empat kelompok obat mungkin memiliki peran dalam mengontrol kadar kolesterol dalam hubungan dengan diet, olahraga, dan merokok penghentian, hanya statin terbukti menurunkan risiko serangan jantung.
The American Heart Association dan American College of Cardiology merekomendasikan bahwa terapi statin dapat bermanfaat bagi pasien dengan riwayat serangan jantung, mereka dengan peningkatan kadar kolesterol LDL darah atau diabetes tipe dua , dan mereka dengan risiko 10 tahun penyakit jantung lebih dari 7,5 % Ketika memantau seberapa baik terapi statin bekerja, tujuan untuk beberapa individu tidak lagi mencapai kadar kolesterol darah tertentu. Sebaliknya, pasien dengan risiko tinggi penyakit jantung akan bertujuan untuk menurunkan kadar kolesterol mereka hingga 50% dan mereka yang memiliki risiko lebih rendah akan bertujuan untuk menurunkan kadar kolesterol mereka hingga 30% hingga 50%. Anda perlu mendiskusikan level apa yang terbaik untuk Anda hubungi dengan dokter Anda

Sumber : https://www.medicinenet.com

0 Response to "Penyakit Kolestrol Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2