Penyakit Sinusitis atau Infeksi Sinus Lengkap

Definisi dan fakta sinus infeksi (sinusitis)

sinusitis

  • Sinusitis atau infeksi sinus adalah peradangan pada rongga udara di dalam saluran hidung.
  • Sinusitis dapat disebabkan oleh infeksi, alergi , dan iritasi zat kimia atau partikel sinus.
  • Kebanyakan orang tidak menyebarkan infeksi sinus ke orang lain.
  • Sinusitis dapat diklasifikasikan sebagai infeksi sinus akut, infeksi sinus subakut, infeksi sinus kronis, sinusitis yang terinfeksi, dan sinusitis yang tidak menular.
  • Tanda-tanda dan gejala sinusitis termasuk
    • sakit kepala sinus ,
    • kelembutan wajah,
    • tekanan atau rasa sakit di sinus, di telinga dan gigi ,
    • demam ,
    • drainase hidung atau postnasal yang berubah warna,
    • perasaan hidung tersumbat,
    • sakit tenggorokan ,
    • batuk , dan
    • kadang-kadang pembengkakan wajah.
  • Gejala infeksi sinus bakteri termasuk
    • nyeri wajah ,
    • discharge hidung seperti nanah, dan
    • gejala yang berlangsung lebih dari satu minggu dan tidak merespon obat-obat nasal yang dijual bebas (OTC).
  • Infeksi sinus umumnya didiagnosis berdasarkan riwayat pasien dan pemeriksaan fisik.
  • Sinusitis bakterial biasanya diobati dengan antibiotik. Pengobatan awal sinusitis alergi dapat mencegah infeksi sinus bakteri sekunder .
  • Home remedies untuk sinusitis dan infeksi sinus termasuk obat-obat over-the-counter (OTC) seperti acetaminophen ( Tylenol dan lain-lain), dekongestan, dan mukolitik. Irigasi nasaldapat dilakukan dengan alat Neti-pot atau bilas (bidet hidung).
  • Infeksi jamur langka pada sinus (misalnya, zygomycosis ) adalah keadaan darurat medis.
  • Komplikasi dari infeksi sinus yang mungkin berkembang adalah meningitis , abses otak osteomielitis , dan selulitis orbital .
  • Tidak ada vaksin jamur yang tersedia untuk mencegah infeksi sinus jamur.

Apa sinusnya? Berapa banyak yang kita miliki?

Ilustrasi sinus.
Sinus adalah rongga kosong, berongga udara. Untuk keperluan artikel ini, sinus akan mengacu pada rongga-rongga berlubang yang ada di tengkorak dan terhubung ke saluran udara hidung oleh lubang sempit di tulang (ostium). Biasanya semua sinus terbuka menuju saluran hidung melalui ostium. Manusia memiliki empat pasang rongga ini masing-masing disebut sebagai:
  1. sinus frontal (di dahi),
  2. sinus maksilaris (di belakang pipi),
  3. sinus ethmoid (antara mata), dan
  4. sinus sphenoid (jauh di belakang ethmoids).
Empat pasang sinus sering digambarkan sebagai unit dan disebut "sinus paranasal." Sel-sel lapisan dalam setiap sinus adalah sel-sel yang mensekresikan lendir, sel epitel dan beberapa sel yang merupakan bagian dari sistem kekebalan (makrofag, limfosit, dan eosinofil).
Fungsi sinus termasuk pelembab dan pemanasan udara terinspirasi, isolasi struktur sekitarnya (mata, saraf), meningkatkan resonansi suara, dan sebagai penyangga terhadap trauma wajah Sinus menurunkan berat tengkorak. Jika peradangan menghalangi pembersihan lendir atau menghalangi ostium alami, peradangan dapat berkembang menjadi infeksi bakteri.

18 tanda dan gejala infeksi sinus atau sinusitis

Ada banyak tanda dan gejala sinusitis dan infeksi sinus. Berikut ini adalah ringkasan yang dominan (total 18) yang mungkin terjadi. Kebanyakan pasien memiliki beberapa tanda dan gejala pada saat yang bersamaan. Orang lain mungkin memiliki beberapa gejala yang intermiten; kebanyakan tidak memiliki semua gejala sekaligus. Tanda dan gejala infeksi sinus atau sinusitis termasuk yang berikut:
  1. Sakit kepala karena tekanan pada sinus yang tersumbat sebagian atau sepenuhnya. Rasa sakit dapat meningkat ketika orang itu membungkuk.
  2. Kelembutan wajah dan / atau bengkak ketika area wajah di area sinus tersentuh.
  3. Tekanan atau nyeri karena lendir menekan pada jaringan sinus atau peradangan sinus.
  4. Demam karena peradangan jaringan sinus dan infeksi.
  5. Drainase hidung yang keruh dan berubah warna sering terlihat pada infeksi sinus bakteri.
  6. Kemacetan adalah perasaan hidung tersumbat, dan terjadi dengan sinusitis menular dan non-infeksi.
  7. Post nasal drip adalah produksi berlebih lendir dari sinusitis yang mengalir ke tenggorokan dan mengiritasi jaringan tenggorokan.
  8. Sakit tenggorokan adalah peradangan jaringan tenggorokan oleh post nasal drip.
  9. Batuk adalah respons terhadap post nasal drip dan upaya tubuh untuk membersihkan iritasi jaringan tenggorokan.
  10. Nyeri gigi yang disebabkan oleh tekanan pada saraf dan jaringan sekitarnya
  11. Nyeri telinga yang disebabkan oleh tekanan pada saraf dan jaringan sekitarnya
  12. Nyeri mata yang disebabkan oleh tekanan pada saraf dan jaringan sekitarnya
  13. Kelelahan karena demam, respon imun dan / atau batuk
  14. Bau mulut biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri
  15. Gatal / bersin - Pada sinusitis tidak menular, gejala alergi lainnya pada mata gatal dan bersin mungkin umum, tetapi mungkin termasuk beberapa gejala yang tercantum di atas untuk sinusitis infeksi.
  16. Drainase nasal biasanya berwarna bening atau berwarna keputihan pada orang dengan sinusitis non-infeksi.
  17. Ulserasi dapat terjadi dengan infeksi jamur fulminan langka dengan tepi tajam dan pusat nekrotik hitam di daerah hidung. Beberapa infeksi jamur menyebabkan eksudat hitam yang tampak gelap. Ini membutuhkan evaluasi medis segera.
  18. Gejala kronis (lebih dari 1-3 bulan) biasanya merupakan tanda sinusitis subakut atau kronis

Apa itu infeksi sinus atau sinusitis?

Ilustrasi 3D sinusitis.
Peradangan pada rongga udara di dalam saluran hidung (sinus paranasal) disebut sebagai sinusitis. Sinusitis dapat disebabkan oleh infeksi (infeksi sinus), tetapi juga dapat disebabkan oleh alergi dan iritasi kimia pada sinus. Infeksi sinus (sinusitis infeksi) terjadi ketika virus, bakteri, atau jamur tumbuh di dalam sinus.
Sinusitis adalah salah satu kondisi yang lebih umum yang dapat menimpa orang sepanjang hidup mereka. Sinusitis umumnya terjadi ketika serbuk sari mengiritasi rongga hidung, seperti demam . Sinusitis juga bisa terjadi akibat iritasi, seperti bahan kimia atau penggunaan dan / atau penyalahgunaan semprotan hidung yang dijual bebas, dan zat ilegal yang mungkin didengus atau dihirup melalui hidung. Sekitar 30 juta orang dewasa memiliki "sinusitis." Pilek berbeda dari sinusitis dan hanya disebabkan oleh virusdan bertahan sekitar 7 - 10 hari sementara sinusitis mungkin memiliki banyak penyebab yang berbeda (infeksi dan tidak menular), dan biasanya bertahan lebih lama dengan gejala yang lebih jelas dan bervariasi.

Apa yang menyebabkan infeksi sinus atau sinusitis?

Ilustrasi silia dan lendir di rongga hidung.
Infeksi sinus atau sinusitis dapat disebabkan oleh segala sesuatu yang mengganggu aliran udara ke sinus dan drainase lendir keluar dari sinus. Pembukaan sinus (ostea) dapat terhalangi oleh pembengkakan pada lapisan jaringan dan jaringan saluran hidung yang berdekatan, misalnya dengan
  • pilek biasa,
  • alergi , dan
  • iritasi jaringan seperti semprotan hidung OTC, kokain , dan asap rokok .

Penyebab lain infeksi sinus atau sinusitis

Tumor atau pertumbuhan juga dapat memblokir sinus jika mereka dekat dengan bukaan sinus.
Dehidrasi , penyakit, obat pengeringan, dan kurangnya kelembaban yang cukup dapat menyebabkan sinusitis atau infeksi sinus. Pengaliran lendir dari sinus juga dapat terganggu oleh penebalan sekresi lendir, oleh penurunan hidrasi (kandungan air) dari lendir yang dibawa oleh penyakit (misalnya, cystic fibrosis ), obat pengeringan ( antihistamin ), dan kurangnya kelembaban yang cukup di udara. Sel-sel epitel memiliki serat seperti rambut kecil, yang disebut silia, yang bergerak bolak-balik untuk membantu lendir keluar dari sinus. Silia kecil ini dapat rusak oleh banyak iritasi, terutama asap. Hal ini dapat mencegah mereka dari membantu lendir dalam pengeringan dari sinus, dan dengan demikian menghasilkan infeksi sinus atau sinusitis.
Lendir yang tersumbat memberikan lingkungan untuk bakteri, virus dan dalam beberapa keadaan, (misalnya, AIDS atau orang yang immunodepressed) jamur, tumbuh di dalam rongga sinus. Selain itu, mikroba itu sendiri dapat memulai dan memperburuk sumbatan sinus. Sinus yang paling sering terinfeksi adalah sinus maksilaris dan ethmoid.
Jarang, immunodepress atau korban beberapa trauma dalam bencana seperti tsunami, angin topan, gempa bumi, atau tornado dapat menghirup jamur dari tanah atau air. Akhirnya, dalam beberapa hari hingga lebih dari seminggu, jamur dapat tumbuh dan memutus suplai darah ke hampir semua jenis jaringan, terutama di hidung dan mata. Infeksi ini, meskipun jarang, serius dan bisa mematikan dan memerlukan perawatan medis dan bedah segera. Meskipun infeksi jamur mungkin menyerupai sinusitis bakteri pada awalnya, itu adalah penyakit yang disebut zygomycosis atau mucormycosis .


Apa saja jenis sinusitis dan infeksi sinus?

MRI otak warna keliru menunjukkan penebalan mukosa pada kedua sinus maksila.
Sinusitis dapat diklasifikasikan dalam beberapa cara, berdasarkan durasinya (akut, subakut, atau kronis) dan jenis peradangan (baik infeksi atau tidak menular). Istilah rinosinusitis juga digunakan untuk menunjukkan bahwa hidung dan sinus terlibat.
  • Infeksi sinus akut (juga disebut sinusitis akut yang disebabkan oleh infeksi atau rinosinusitis bakteri akut) biasanya didefinisikan sebagai durasi kurang dari 30 hari.
  • Infeksi sinus subakut lebih dari 1 bulan tetapi kurang dari 3 bulan.
  • Infeksi sinus kronis lebih besar dari durasi 3 bulan. Sinusitis kronis dapat lebih lanjut diklasifikasikan menjadi sinusitis kronis dengan atau tanpa polip hidung , atau sinusitis jamur alergika.
  • Sinusitis rekuren adalah saat seseorang mengalami beberapa serangan per tahun
Tidak ada konsensus medis pada periode waktu di atas.
  • Sinusitis yang terinfeksi biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang tidak rumit. Kurang sering, pertumbuhan bakteri menyebabkan infeksi sinus dan infeksi sinus jamur sangat jarang. Bentuk infeksi sinus subakut dan kronis biasanya adalah hasil dari perawatan yang tidak lengkap dari infeksi sinus akut.
  • Sinusitis non-infeksi disebabkan oleh iritasi dan kondisi alergi dan mengikuti garis waktu umum yang sama untuk sinusitis infeksi akut, subakut dan kronik.

Bagaimana infeksi sinus atau sinusitis didiagnosis?

Infeksi sinus paling sering didiagnosis berdasarkan riwayat dan pemeriksaan dokter. Karena pemeriksaan X-ray pada sinus dapat menyesatkan dan prosedur seperti CT scan dan MRI , yang jauh lebih sensitif dalam kemampuannya untuk mendiagnosis infeksi sinus, sangat mahal dan tidak tersedia di sebagian besar kantor dokter, kebanyakan infeksi sinus awalnya didiagnosis dan diobati berdasarkan temuan klinis pada pemeriksaan. Temuan fisik ini mungkin termasuk:
  • kemerahan dan pembengkakan pada saluran hidung,
  • purulen (nanah seperti) drainase dari saluran hidung (gejala yang paling mungkin untuk mendiagnosis infeksi sinus secara klinis),
  • kelembutan untuk perkusi (penyadapan) di atas daerah pipi atau dahi dari sinus, dan
  • bengkak di sekitar mata dan pipi.
Kadang-kadang, sekresi hidung diperiksa untuk mensekresikan sel yang dapat membantu membedakan antara sinusitis infeksi dan alergika. Sinusitis menular mungkin menunjukkan sel-sel khusus infeksi (sel polimorfonuklear) sementara sinusitis alergika mungkin menunjukkan sel darah putih khusus alergi (eosinofil). Dokter meresepkan antibiotik jika dicurigai ada infeksi bakteri. Antibiotik tidak efektif melawan infeksi virus; banyak dokter kemudian mengobati gejalanya.
Jika infeksi sinus gagal untuk merespon pengobatan awal yang ditentukan, maka lebih banyak studi mendalam seperti CT scan atau MRI dapat dilakukan. Ultrasound telah digunakan untuk mendiagnosis infeksi sinus pada wanita hamil , tetapi tidak seakurat CT atau MRI. Rhinoskopi atau endoskopi , prosedur untuk melihat langsung di bagian belakang saluran hidung dengan tabung serat optik fleksibel yang kecil , dapat digunakan untuk melihat secara langsung bukaan sinus dan memeriksa penyumbatan dari bukaan ini oleh pembengkakan atau pertumbuhan.
Kadang-kadang diperlukan untuk melakukan aspirasi jarum (tusukan jarum) dari sinus untuk mendapatkan bahan yang terinfeksi untuk kultur untuk menentukan mikroba apa yang sebenarnya menyebabkan infeksi sinus. Kultur pada saluran hidung jarang membantu dalam menentukan bakteri atau jamur apa yang menyebabkan infeksi sinus karena saluran hidung sering secara normal dijajah oleh bakteri yang tidak menginfeksi. Prosedur tusukan jarum biasanya dilakukan oleh seorang otolaryngologist ketika perawatan gagal meringankan penyakit. Prosedur ini membutuhkan anestesi lokal untuk meminimalkan ketidaknyamanan; beberapa pasien memerlukan anestesi umum. Sinus disedot, isinya dikirim untuk kultur dan pewarnaan, dan sinus mungkin disiram dengan larutan garam. Secara teknis ini adalah cara paling akurat untuk mendiagnosis sinusitis infeksi.
Selain itu, endoskopi yang kaku dan fleksibel telah digunakan untuk mendapatkan bahan diagnostik dari sinus. Prosedur ini biasanya dilakukan oleh otolaryngologist di bawah anestesi topikal dan lokal. Kadang-kadang, mungkin ada kebutuhan untuk membius pasien. Beberapa peneliti berpendapat bahwa spesimen endoskopi sebanding dengan yang diperoleh dengan tusukan jarum.
Infeksi jamur biasanya didiagnosis dengan prosedur biopsi dan jaringan yang diangkat oleh ahli bedah, atau dengan kultur jamur dan identifikasi mikroskopis oleh ahli mikrobiologi atau ahli patologi yang dilatih untuk mengidentifikasi jamur. Sinusitis alergik alergik (penekanan pada alergi) adalah respons inflamasi terhadap elemen jamur di rongga sinus dan dicurigai berdasarkan karakteristik pencitraan CT tertentu serta riwayat dan pemeriksaan fisik.

Apa jenis dokter yang mengobati sinusitis dan infeksi sinus?

Banyak infeksi sinus dapat ditangani oleh dokter perawatan primer Anda atau dokter Penyakit Dalam. Namun, tidak jarang untuk berkonsultasi dengan spesialis THT (Mata, Telinga, Hidung dan Tenggorokan), Spesialis penyakit menular, Alergis atau Imunolog. Dengan beberapa infeksi sinus yang rumit, seorang ahli bedah yang mengkhususkan diri dalam operasi sinus mungkin perlu untuk berkonsultasi.

Apakah antibiotik diperlukan untuk mengobati infeksi sinus dan sinusitis?

Untuk sinusitis yang disebabkan oleh infeksi virus, tidak diperlukan perawatan antibiotik. Perawatan yang sering direkomendasikan termasuk obat nyeri dan demam (seperti acetaminophen [Tylenol]), dekongestan dan mukolitik (obat yang melarutkan atau memecah lendir, misalnya, guaifenesin .
Infeksi bakteri pada sinus dicurigai ketika nyeri wajah, cairan hidung menyerupai nanah, dan gejala bertahan selama lebih dari seminggu dan tidak merespon obat hidung OTC. Infeksi sinus akut dari bakteri biasanya diobati dengan terapi antibiotik yang bertujuan untuk mengobati bakteri yang paling umum yang diketahui menyebabkan infeksi sinus, karena itu tidak biasa untuk bisa mendapatkan budaya yang dapat diandalkan tanpa aspirasi sinus.
Lima bakteri paling umum yang menyebabkan infeksi sinus adalah Streptococcus pneumoniae , Haemophilus influenzae, Moraxella catarrhalis, Staphylococcus aureus , dan Streptococcus pyogenes . Antibiotik yang merupakan pengobatan yang efektif untuk infeksi sinus harus dapat membunuh jenis bakteri ini. Meskipun amoxicillin ( Amoxil ) adalah antibiotik pertama yang dapat diterima untuk infeksi sinus akut tanpa komplikasi, banyak dokter memilih amoxicillin-klavulanat ( Augmentin ) sebagai obat lini pertama untuk pengobatan infeksi sinus bakteri yang dicurigai karena biasanya efektif terhadap sebagian besar spesies. dan strain bakteri yang menyebabkan penyakit.
Pada individu alergi penisilin , cefaclor (Ceclor), loracarbef (Lorabid), klaritromisin ( Biaxin ), azitromisin(Zithkromax), sulfamethoxazole ( Gantanol ), trimetoprim ( Bactrim , Septra ) ciprofloxin ( Cipro ), dan antibiotik lainnya dapat digunakan sebagai yang pertama pilihan. Jika pasien tidak membaik setelah lima hari pengobatan dengan amoxicillin, pasien mungkin beralih ke salah satu obat di atasatau amoxicillin-klavulanat (Augmentin). Umumnya, antibiotik yang efektif perlu dilanjutkan selama minimal 10-14 hari. Namun, tidak jarang perlu mengobati infeksi sinus selama 14-21 hari. Beberapa antibiotik sekarang dianggap juga mengurangi peradangan, terlepas dari aktivitas anitbacterial.

Apa komplikasi infeksi sinus atau sinusitis?

Sementara komplikasi serius tidak sering terjadi, adalah mungkin untuk infeksi sinus menyebabkan perluasan langsung infeksi ke otak melalui dinding sinus, menciptakan keadaan darurat yang mengancam jiwa (misalnya, meningitis atau abses otak). Selain itu, struktur lain yang berdekatan dapat menjadi terinfeksi dan mengembangkan masalah, seperti osteomyelitis tulang di tengkorak dan infeksi di sekitar mata (orbital selulitis). Jarang, infeksi ini (terutama organisme bakteri dan jamur) dapat menyebabkan kematian. Individu yang paling rentan terhadap komplikasi adalah pasien dengan sistem kekebalan yang ditekan, diabetes , dan relatif jarang dari beberapa cedera trauma yang mungkin terjadi dalam bencana alam.


Dapatkah infeksi sinus atau sinusitis dicegah?

Seorang wanita menggunakan alat bilas sinus.
Saat ini, tidak ada vaksin yang dirancang khusus untuk melawan infeksi sinusitis atau infeksi sinus. Namun, ada vaksin terhadap virus ( influenza ) dan bakteri (pneumokokus) yang dapat menyebabkan beberapa sinusitis infeksi. Vaksinasi terhadap patogen yang diketahui menyebabkan sinusitis menular dapat secara tidak langsung mengurangi atau mencegah kemungkinan terkena penyakit, tetapi tidak ada penelitian khusus untuk mendukung asumsi ini. Tidak ada vaksin jamur terhadap sinusitis.
Jika seseorang rentan terhadap serangan berulang "infeksi sinus tahunan" mungkin penting untuk mempertimbangkan tes alergi untuk melihat apakah ini penyebab yang mendasari masalah berulang. Pengobatan alergi dapat mencegah infeksi sinus bakteri sekunder. Selain itu, infeksi sinus mungkin karena masalah lain seperti polip hidung, tumor atau penyakit yang menghalangi aliran lendir normal. Perawatan terhadap penyebab yang mendasari ini dapat mencegah infeksi sinus berulang.

0 Response to "Penyakit Sinusitis atau Infeksi Sinus Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2