Laporan Kimia Dasar Kolorimetri Lengkap Docx


Laporan Kimia Dasar Kolorimetri Lengkap Docx

medical


I.   PENDAHULUAN

A.    Judul
Kolorimetri

B.     Tujuan
1.      Menentukan konsentrasi suatu senyawa dengan metode kolorimetri.
2.      Mengetahui macam-macam metode kolorimetri.



II.                METODE

A.    Alat dan Bahan

A.    Alat:                                       B. Bahan:
a.       Tabung reaksi                    a. Larutan HCl
b.      Rak tabung reaksi             b. Larutan NH4Fe(SO4)2
c.       Vortex                               c. Aquades
d.      Labu ukur                          d. Larutan KCNS
e.       Pro pipet
f.       Pipet ukur

B.     Cara Kerja
            Pada pembuatan larutan deret standar, sebanyak 10ml larutan NH4Fe(SO4)2 dan 10ml larutan HCl diambil dengan pipet ukur, lalu dimasukkan ke dalam labu ukur. Larutan tersebut kemudian ditambahkan dengan aquades hingga mencapai tanda batas. Larutan yang ada dalam labu ukur kemudian diambil masing-masing sebanyak 1ml, 2ml, 4ml, 6ml, dan 8ml lalu dimasukkan ke dalam tabung reaksi. Setelah itu, sebanyak 5ml larutan KCNS 10% ditambahkan pada tiap larutan dalam tabung reaksi, serta ditambahkan aquades hingga volume totalnya menjadi 20 ml. Larutan dalam tabung reaksi kemudian divortex agar menjadi homogen.
Pada pembuatan larutan cuplikan, masing-masing sebanyak 3 ml larutan untuk cuplikan 1 dan 7 ml larutan untuk cuplikan 2 dimasukkan ke dalam tabung reaksi . Sebanyak 5ml larutan KCNS 10% ditambahkan pada tiap larutan yang ada dalam tabung reaksi, dan tiap larutan kemudian ditambahkan dengan aquades hingga volume totalnya mencapai 20ml. Larutan dalam tabung reaksi lalu divortex agar menjadi homogen. Setelah itu, larutan dibandingkan dengan deret standar, dan konsentrasi cuplikan dihitung menggunakan rumus


C1+C2
2
Untuk menghitung konsentrasi deret standar dapat meggunakan rumus
V1 . N1 = V2 . N2


III.             HASIL DAN PEMBAHASAN

A.   Hasil Percobaan

Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, berikut disajikan tabel hasil perhitungan deret larutan standar dan perhitungan larutan cuplikan:

Tabel 1.Perhitungan deret larutan standar
NO
Vol. NH4Fe(SO4)2
Vol. KCNS
Vol. Aquades
Vol. Akhir
Normalitas NH4Fe(SO4)2
1
1ml
5ml
14ml
20ml
5 x 10-4
2
2ml
5ml
13ml
20ml
1 x 10-3
3
4ml
5ml
11ml
20ml
2 x 10-3
4
6ml
5ml
9ml
20ml
3 x 10-3
5
8ml
5ml
7ml
20ml
4 x 10-3

Tabel 2.Perhitungan larutan cuplikan
Cuplikan
Vol. Cuplikan
Vol. KCNS
Sesuai tabung deret standar
Konsentrasi Cuplikan
X 1 (A)
3ml
5ml
2ml dan 4ml
0,0015M
X 2 (B)
7ml
5ml
6ml dan 8ml
0,0035M

B.     Pembahasan
Kolorimetri adalah suatu teknik pengukuran yang berdasarkan diabsorbsinya cahaya oleh zat berwarna baik warna yang berasal dari zat itu sendiri maupun warna yang terbentuk akibat reaksi dengan zat lain (Khopkar, 2007). Variasi warna suatu sistem berubah dengan berubahnya konsentrasi suatu komponen, membentuk dasar apa yang lazim disebut analisis kolorimetrik oleh ahli kimia. Warna itu biasanya disebabkan oleh pembentukan suatu senyawa berwarna dengan ditambahkannya reagensia yang tepat, atau warna itu dapat melekat dalam penyusun yang diinginkan itu sendiri. Intensitas warna kemudian dapat dibandingkan dengan yang diperoleh dengan menangani kuantitas yang diketahui dari zat itu dengan cara yang sama.Kolorimetri dikaitkan dengan penetapan konsentrasi suatu zat dengan mengukur absorpsi relatif cahaya sehubugan dengan konsentrasi tertentu zat itu (Bassett dkk., 1994).
Dalam kolorimetri visual, cahaya putih alamiah atau pun buatan umumnya digunakan sebagai sumber cahaya, dan penetapan biasanya dilakukan dengan suatu instrumen sederhana yang disebut kolorimeter atau pembanding (comparator) warna.Bila mata digantikan oleh sel fotolistrik (jadi sebagian besar sesatan yang disebabkan karakteristik pribadi tiap pengamat dapat dihilangkan), instrumen itu disebut kolorimetri fotolistrik. Alat kedua ini biasanya digunakan dengan cahaya dibatasi dalam jangka panjang gelombang yang relatif sempit dengan melewatkan cahaya putih melalui filter-filter, yakni, bahan dalam bentuk lempengan berwarna terbuat dari kaca, gelatin, dan sebagainya, yang meneruskan hanya daerah spectral terbatas; kadang-kadang nama fotometer filter digunakan untuk instrumen semacam itu (Bassett dkk., 1994).
Bagian terkecil spektrum elektromagnetik yang dapat dideteksi oleh mata manusia (kira-kira 400-700 mm) disebut spektrum tampak, dan spektroskopi yang dilakukan pada panjang gelombang ini dinamakan spektroskopi tampak atau “kolorimetri” (Cairns, 2004).Prinsip dasar dari metode kolorimetri visual adalah tercapainya kesamaan warna bila jumlah molekul penyerap yang dilewati sinar pada ke dua sisi larutan persis sama. Metode kolorimetri mempunyai beberapa keuntungan antara lain sensitivitasya tinggi, jumlah sample yang dibutuhkan sedikit, pereaksi yang digunakan mudah didapat dan spesifik (Sulistyowaty dkk., 2010). Metode kolorimetri juga memiliki kelemahan karenapengukuran untuk menentukan kesamaanwarna antara larutan cuplikan denganlarutan standar dilakukan secara visual.Pengukuran dengan metode ini kurang akuratkarena hasilnya sangat ditentukan olehsubyektivitas si pengamat dan nilai yangdihasilkan belum memiliki satuan absolute (Krey, 1958).
Menurut Fardiansyah (2011), berikut adalah kriteria untuk hasil analisis kolorimetri yang memuaskan:
1.      Kespesifikan reaksi warna
Reaksi warna yang dipilih hendaklah merupakan reaksi yang spesifik
(hanya menghasilkan warna untuk zat sehubungan saja).
2.      Kestabilan warna
Reaksi warna yang dipilih hendaknya menghasilkan warna yang cukup
stabil (periode warna maksimum cukup panjang) untuk memungkinkan
pengambilan pembacaan yang tepat. Dalam ini pengaruh zat-zat lain dan
kondisi eksperimen (temperatur, pH) haruslah diketahui.
3.      Kejernihan larutan
Larutan harus bebas dari endapan karena kekeruhan akan menghamburkan
maupun menyerap cahaya.
4.      Kepekaan tinggi
Diperlukan reaksi warna yang sangat peka bila kuantitas zat yang akan
ditetapkan sangat kecil.
Menurut Elvani (2012), hukum dasar yang digunakan pada kolorimetri adalah Hukum Lambert, Hukum Beer, dan Hukum Lambert-Beer, yaitu:
1.      Hukum Lambert
“Bila suatu sumber sinar monokromatik melewati medium transparan, maka intensitas sinar yang diteruskan berkurang dengan bertambahnya ketebalan medium yang mengabsorpsi.Hukum ini menyatakan bahwa bila cahaya monokromatik melewati medium tembus cahaya, laju berkurangnya intensitas oleh bertambahnya ketebalan, berbanding lurus dengan intensitas cahaya. Ini setara dengan menyatakan bahwa intensitas cahaya yang dipancarkan berkurang secara eksponensial dengan bertambahnya ketebalan medium yang menyerap, atau dengan menyatakan bahwa lapisan manapun dari medium itu yang tebalnyasama akan menyerap cahaya masuk kepadanya dengan fraksi yang sama.
2.      Hukum Beer
“Intensitas sinar yang diteruskan berkurang secara eksponensial dengan bertambahnya konsentrasi spesi yang menyerap sinar tersebut“.Sejauh ini telah dibahas absorbsi cahaya dan transmisi cahaya untuk cahaya monokromatik sebagai fungsi ketebalan lapisan penyerap saja.Tetapi dalam analisis kuantitatif orang terutama berurusan dengan larutan.Beer mengkaji konsentrasi penyusun yang berwarna dalam larutan, terhadap transmisi maupun absorbsi cahaya.
3.      Hukum Lambert-Beer
Dijumpainya hubungan yang sama antara transmisi dan konsentrasi seperti yang ditemukan Lambert antara transmisi dan ketebalan lapisan, yakniintensitas berkas cahaya monokromatik berkurang secara eksponensial dengan bertambahnya konsentrasi zat penyerap secara linier.Hukum ini menyatakan hubungan linieritas antara absorban dengan konsentrasi larutan analit dan berbanding terbalik dengan transmitan.Baik hukum Lambert maupun hukum Beer harus dilakukan pada sinar monokromatis.
Reaksi dari ion ferry dan tiosianat menghasilkan warna merah dari senyawa kompleks yang terbentuk :
Fe3++ 6CNS              Fe(CNS)63-
Untuk kesempurnaan reaksi dipergunakan tiosianat yang berlebihan, sedangkan untuk menghindari hidrolisa diperlukan asam kuat.
Fe+3 + 3H2O              Fe(OH)3 + H+
Dalam percobaan ini asam kuat yang terbentuk ialah H2SO4 (asam sulfat).
Dari percobaan yang dilakukan pada larutan NH4Fe(SO4)2 dengan volume 1ml didapatkan normalitas akhir sebesar 5 x 10-4, dengan volume 2ml didapatkan normalitas akhir sebesar 1 x 10-3, dengan volume 4ml didapatkan normalitas sebesar 2 x 10-3, dengan volume 6ml didapatkan normalitas akhir sebesar 3 x 10-3, dan dengan volume 8mldidapatkan normalitas akhir sebesar 4 x 10-3. Untuk larutan cuplikan di dapatkan hasil pada larutan cuplikan X1 dengan volume sebesar 3ml ditambah dengan larutan KCNS dengan volume 5ml didapatkan konsentrasi sebesar 0,0015M. Warna larutan berada diantara tabung 2ml dan 4ml. Untuk larutan cuplikan X2 dengan volume sebesar 7ml ditambah dengan larutan KCNS dengan volume 5ml didapatkan konsentrasi sebesar 0,0035M. Warna larutan berada diantara tabung 6ml dan 8ml.
Larutan KCNS berperan sebagai reagen spesifik untuk Fe yang berasal dari NH4Fe(SO4)2. Fungsi penambahan KCNS disini yaitu sebagai pembentuk warna pada besi (Fe) dimana warna yang dibentuk berwarna orange, disebabkan terbentuknya senyawa komplek sehingga bisa dianalisa dengan metode kolorimetri.Aquades sendiri berfungsi sebagai larutan untuk membantu proses pengenceran. Larutan harus divortex, tujuannya agar larutan benar-benar tercampur rata (homogen).Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil adalah besar volume larutan NH4Fe(SO4)2, volume larutan KCNS, volume aquades, ketepatan  pengukuran volume dengan alat, dan ketepatan menentukan kesamaan warna. Semakin besar volume larutan NH4Fe(SO4)2, semakin pekat warna yang dihasilkan dan semakin besar normalitasnya, serta semakin besar volume air yang ditambahkan, semakin kecil normalitasnya.

IV.             KESIMPULAN
\
Berdasarkan percobaan yang dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan:
1.      Konsentrasi cuplikan 1 adalah 0,0015 M, dan konsentrasi cuplikan 2 adalah 0,0035M.
2.      Macam metode kolorimetri ada dua, yaitu kolorimetri visual dan kolorimetri fotolistrik.


DAFTAR PUSTAKA
Cairns, D. 2004.Intisari Kimia Farmasi Edisi Kedua. EGC, Jakarta.
Bassett, J., Denney, R.C., Jeffery, G.H., dan Mendham, J. 1994. Buku Ajar Vogel:
Kimia Analisis Kuantitatif Anorganik. EGC, Jakarta.
Elvani, L. 2012. SpektofotometriSerapan Atom.
https://www.academia.edu/8946779/SPEKTOFOTOMETRI_SERAPAN
_ATOM.Diakses pada tanggal 1 November 2014.
Fardiansyah, M. Penetapan Kadar Aluminium Secara Kolorimetri.
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/26361/4/Chapter%20II.p
df.Diakses pada tanggal 1 November 2014.
Khopkar, S. 2007. Konsep Dasar Biokimia. UI Press, Jakarta.
Krey, J. 1958. Chemical Method of Estimating Standing Crop of Phytoplankton.
Rapp. et Proc. Verb. 144 : 20–27.
Sulistyowati, M.I., Sondakh, R., dan Purwanto. 2010. Perbandingan Kinetika
Peruraian Amoksisilin dan N-benzoilamoksisilin yang Ditetapkan Secara
Kolorimetri.Jurnal Farmasi. Vol. 8, No. 1.


LAMPIRAN


Perhitungan konsentrasi deret standar:
V1.N1 = V2.N2
Perhitugan konsentrasi cuplikan:
C1+C2
2

1.      Konsentrasi Deret Standar
a.       1ml
V1.N1 = V2.N2
1.0,01 = 20.N2
N2 = 0,0005N
b.      2ml
V1.N1 = V2.N2
2.0,01 = 20.N2
N2 = 0,0002N
c.       4ml
V1.N1 = V2.N2
4.0,01 = 20.N2
N2 = 0,0002N
d.      6ml
V1.N1 = V2.N2
6.0,01 = 20.N2
N2 = 0,0003N
e.       8ml
V1.N1 = V2.N2
8.0,01 = 20.N2
N2 = 0,0004N

Perhitungan Konsentrasi Cuplikan
1.      Cuplikan 1 (diantara tabung 2ml dan 4ml)
C1+C2
     2
= 0,001+0,002
             2
= 0,0015M
2.      Cuplikan 2 (diantara tabung 6ml dan 8ml)
C1+C2
     2
= 0,003+0,004
             2
= 0,0035M

Pembuktian Perhitungan Konsentrasi Cuplikan
1.        V1.N1 = V2.N2
3.0,01 = 20.N2
N2 = 0,0015M (terbukti sama)
2.        V1.N1 = V2.N2
7.0,01 = 20.N2
N2 = 0,0035M (terbukti sama)

membaca Sesuatu akan lebih mudah bila dikerjakan dengan ikhlas.

0 Response to "Laporan Kimia Dasar Kolorimetri Lengkap Docx"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2