Sediaan Farmasi Gel Lengkap

Assalamualaikum Wr. Wb

           Salam Farmasi Indonesia, Artikel berikutnya yang saya akan upload adalah mengenai sediaan gel yang merupakan bagian dari sediaan farmasi, yang bersumber dari farmakope v, berrikut penjelasannya :

gel is a solid jelly-like material that can have properties ranging from soft and weak to hard and tough. Gels are defined as a substantially dilute cross-linked system, which exhibits no flow when in the steady-state.[1] By weight, gels are mostly liquid, yet they behave like solids due to a three-dimensional cross-linked network within the liquid.

GEL Gels
gel 

           Gel, kadang-kadang disebut Jeli, merupakan sistem semipadat terdiri dari suspensi yang dibuat dari partikel anorganik yang kecil atau molekul organik yang besar, terpenetrasi oleh suatu cairan. Jika massa gel terdiri dari jaringan partikel kecil yang terpisah, gel digolongkan sebagai sistem dua fase (misalnya Gel Aluminium Hidroksida). Dalam sistem dua fase, jika ukuran partikel dari fase terdispersi relatif besar, massa gel kadang-kadang dinyatakan sebagai magma (misalnya Magma Bentonit). Baik gel maupun magma dapat berupa tiksotropik, membentuk semipadat jika dibiarkan dan menjadi cair pada pengocokan. Sediaan harus dikocok dahulu sebelum digunakan untuk menjamin homogenitas dan hal ini tertera pada etiket (lihat Suspensi).

           Gel fase tungal terdiri dari makromolekul organik yang tersebar serba sama dalam suatu cairan sedemikian hingga tidak terlihat adanya ikatan antara molekul makro yang terdispersi dan cairan. Gel fase tunggal dapat dibuat dari makromolekul sintetik (misalnya Karbomer) atau dari gom alam (misalnya Tragakan). Sediaan tragakan disebut juga musilago. Walaupun gel-gel ini umumnya mengandung air, etanol dan minyak dapat digunakan sebagai fase pembawa. Sebagai contoh, minyak mineral dapat dikombinasi dengan resin polietilena untuk membentuk dasar salep berminyak.

         Gel dapat digunakan untuk obat yang diberikan secara topikal atau dimasukkan ke dalam lubang tubuh.

Referensi : Farmakope V

0 Response to "Sediaan Farmasi Gel Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2