Penyakit Abses Kepala dan Leher Lengkap Gambar

DEFINISI Abses sering timbul di kepala dan leher, terutama di belakang tenggorokan dan di dalam kelenjar liur pipi (kelenjar parotis). Abses juga bisa ditemukan di dalam otak.
Abses di belakang dan di samping tenggorokan (abses faringomaksiler) biasanya terjadi akibat infeksi tenggorokan (termasuk infeksi amandel atau adenoid).

[ PENYAKIT ABSES KEPALA DAN LEHER ]

Abses Kepala dan Leher


Abses tenggorokan lebih sering ditemukan pada anak-anak.
Abses juga bisa terbentuk di dalam kelenjar getah bening yang terletak di samping tenggorokan (abses parafaringeal). Abses ini biasanya berasal dari infeksi di sekitarnya (misalnya abses gigi atau infeksi kelenjar liur). Penderita merasakan demam dan nyeri tenggorokan, mengalami kesulitan dalam membuka mulutnya. Penyebaran infeksi bisa menyebabkan pembengkakan leher. Jika abses menyebabkan kerusakan pada arteri karotis di leher, maka bisa terjadi pembekuan darah atau perdarahan hebat.
Abses juga bisa terjadi di saluran keluar dari salah satu kelenjar parotis. Abses ini terjadi akibat penyebaran infeksi dari mulut dan sering ditemukan pada usia lanjut atau penderita penyakit menahun yang mengalami kekeringan di mulutnya akibat rendahnya asupan cairan atau akibat obat-obatan tertentu (misalnya antihistamin). Penderita merasakan nyeri, demam dan menggigil, disertai pembengkakan leher.

Apa yang dimaksud dengan abses leher?
Abses leher adalah kumpulan nanah dari infeksi dalam ruang antara struktur leher. Sebagai jumlah nanah meningkat, ruang jaringan lunak memperluas dan mendorong terhadap struktur di leher, seperti tenggorokan, lidah, dan, dalam kasus yang ekstrim, trakea (tenggorokan). Abses leher kadang-kadang disebut abses serviks atau infeksi leher dalam.


Ada beberapa jenis abses leher yang ditemukan pada anak-anak, termasuk yang berikut:
Abses retrofaring. Abses yang terbentuk di belakang faring (belakang tenggorokan) sering mengikuti infeksi saluran pernapasan atas. Pada anak-anak, kelenjar getah bening di daerah ini dapat terinfeksi dan memecah, membentuk nanah. Abses retrofaring yang paling umum pada anak-anak, karena getah bening ini bening atrofi (mengecil) pada saat anak mencapai pubertas.
Abses peritonsillar (quinsy abses). Abses yang terbentuk di dinding jaringan di samping amandel (organ getah bening di bagian belakang tenggorokan). Abses peritonsillar yang paling umum pada remaja dan dewasa muda dan jarang terlihat pada anak-anak.
Abses submandibular (angina Ludwig). Abses di bawah jaringan di dasar mulut. Pus mengumpulkan di bawah lidah, mendorongnya ke atas dan ke arah belakang tenggorokan, yang dapat menyebabkan pernapasan dan masalah menelan. Angina Ludwig adalah tidak umum pada anak-anak tetapi dapat terjadi pada remaja yang lebih tua, terutama setelah infeksi gigi.

Apa yang menyebabkan abses leher?
Abses leher terjadi selama atau setelah infeksi bakteri atau virus di kepala atau leher seperti selesma, tonsilitis, infeksi sinus, atau otitis media (infeksi telinga). Sebagai infeksi memburuk, dapat menyebar ke dalam ruang jaringan dalam di leher atau di belakang tenggorokan. Pus mengumpulkan dan menumpuk di ruang-ruang membentuk massa. Kadang-kadang, abses leher terjadi setelah suatu peradangan atau infeksi bawaan (hadir sejak lahir) massa leher seperti kista branchial atau tiroglosus saluran kista.
Apa saja gejala abses leher?
Berikut ini adalah gejala yang paling umum dari abses leher. Namun, setiap anak mungkin mengalami gejala yang berbeda. Gejala mungkin termasuk:
  • demam
  • Merah, bengkak, sakit tenggorokan, kadang-kadang hanya pada satu sisi
  • Tonjolan di bagian belakang tenggorokan
  • Lidah mendorong kembali terhadap tenggorokan
  • Rasa sakit dan / atau kekakuan leher
  • sakit telinga
  • nyeri tubuh
  • panas dingin
  • Kesulitan menelan, berbicara, dan / atau pernapasan
Abses Kepala dan Leher anak
Gejala abses leher dapat menyerupai massa leher atau masalah medis. Selalu berkonsultasi dengan dokter anak Anda untuk diagnosis.

Bagaimana abses leher didiagnosis?
Umumnya, diagnosis ditegakkan dengan pemeriksaan fisik. Selain riwayat medis yang lengkap dan pemeriksaan fisik, prosedur diagnostik untuk abses leher mungkin termasuk yang berikut:
Budaya tenggorokan. Sebuah prosedur yang melibatkan mengambil swab dari bagian belakang tenggorokan dan pemantauan di laboratorium untuk menentukan jenis organisme yang menyebabkan infeksi.
Tes darah. Untuk mengukur respon tubuh terhadap infeksi
Biopsi. Sebuah prosedur di mana sampel jaringan dihilangkan (dengan jarum atau selama operasi) dari tubuh untuk diperiksa di bawah mikroskop.
X-ray. Sebuah tes diagnostik yang menggunakan terlihat elektromagnetik balok energi untuk menghasilkan gambar dari jaringan internal tulang, dan organ ke film.
Computed tomography scan (juga disebut CT atau CAT scan). Sebuah prosedur pencitraan diagnostik yang menggunakan kombinasi sinar-X dan teknologi komputer untuk menghasilkan horisontal, atau aksial, gambar (sering disebut irisan) dari tubuh. CT scan menunjukkan gambar rinci dari setiap bagian dari tubuh, termasuk tulang, otot, lemak, dan organ. CT scan lebih rinci dari sinar-X umumnya.

  • Pengobatan abses leher
  • Pengobatan spesifik dari abses leher akan ditentukan oleh dokter anak Anda didasarkan pada:
  • Usia anak Anda, kesehatan secara keseluruhan, dan sejarah medis
  • Tingkat kondisi
  • Toleransi anak Anda untuk obat tertentu, prosedur, atau terapi
  • Harapan untuk kursus kondisi
  • Pendapat Anda atau preferensi

Perawatan mungkin termasuk:
Obat antibiotik (untuk mengobati infeksi). Seringkali, antibiotik harus diberikan secara intravena (dalam pembuluh darah) dan rawat inap mungkin diperlukan.
Drainase abses dengan menggunakan jarum. Prosedur ini mungkin memerlukan rawat inap.
Dokter anak Anda akan memberikan instruksi khusus untuk membantu gejala anak Anda, yang mungkin termasuk berkumur dan obat penghilang rasa sakit.

Baca Juga :
  1. Penyakit Abses Kepala dan Leher Lengkap Gambar - New !!
  2. Penyakit Abses Kulit (Abses Kutaneus) Lengkap Gambar - New !!
  3. Penyakit Adenokarsinoma Pankreas Lengkap Gambar - New !!
  4. Penyakit Akalasia (Kardiospasme, Esophageal Aperistaltis, Megaesofagus) 
By : Dede Taufiq

0 Response to "Penyakit Abses Kepala dan Leher Lengkap Gambar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2